Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Maritim Dibenahi

Kompas.com - 26/07/2015, 14:53 WIB
MAKASSAR, KOMPAS - Dinas Pariwisata dan Budaya Sulawesi Selatan fokus menggarap dan membenahi wisata kemaritiman di wilayah itu. Beberapa obyek wisata maritim dipersiapkan untuk menjadi destinasi unggulan. Ini dilakukan karena Sulsel menjadi salah satu andalan dalam program kunjungan wisatawan mancanegara hingga 12 juta ke Indonesia yang dicanangkan Kementerian Pariwisata.

Berdasarkan data Jumat (24/7/2015), beberapa obyek wisata menjadi unggulan, seperti Pantai Bira di Bulukumba, Taman Bawah Laut Takabonerate di Kabupaten Selayar, serta pulau-pulau di Kabupaten Pangkajene Kepulauan dan di Selat Makassar.

Di Bulukumba terdapat dua obyek wisata pantai masih baru dan saat ini tengah ramai dikunjungi, yaitu Pantai Apparalang dan Pantai Bara. Pantai Apparalang unggul dengan karang, air yang biru, dan pepohonan hijau di sekitarnya. Adapun pantai Bara adalah pantai dengan pesisir yang landai, berpasir sangat putih dengan air yang biru.

”Pemandangannya indah. Sudah lama mendengar pantai ini dari teman-teman, tetapi baru sekarang ke sini. Tidak mengecewakan, hanya mungkin sejumlah fasilitas, seperti rumah makan dan akses masuk, perlu dibenahi. Saya yakin jika dibenahi lebih serius, akan lebih banyak yang datang ke sini,” kata Widyanarsih (38), pengunjung Pantai Apparalang yang datang berombongan dengan keluarga dari Makassar. Hal sama dikatakan Yuyun Yuliarti (39), karyawan hotel di Makassar yang datang bersama rekannya.

Asri/TN Taka Bonerate Jembatan di Pulau Tinabo, Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
Kadis Pariwisata dan Budaya Sulsel Jufri Rahman mengatakan, wisata maritim memang jadi salah satu fokus yang dibenahi tahun ini. Beberapa di antaranya termasuk pantai di Bulukumba.

”(Pantai) Apparalang itu akan kita garap dengan konsep sama dengan Rock Bar di Bali. Segala sesuatu sudah kami data, bahkan tim juga sudah meninjau ke sana,” katanya.

Tahun 2014, kunjungan wisatawan asing lebih kurang 150.000 orang. Adapun wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Sulsel sekitar 3,8 juta orang. Daerah tujuan umumnya ke Tana Toraja. Tahun 2015, ditambah destinasi wisata baru. (REN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com