Di Seattle, Kereta dan Bus Berbagi Rel di Bawah Tanah - Kompas.com

Di Seattle, Kereta dan Bus Berbagi Rel di Bawah Tanah

Kompas.com - 29/07/2015, 14:32 WIB
TAUFIK UIEKS Kereta di Seattle, Amerika Serikat.
SEATTLE, Kota terbesar di negara bagian Washington di pojok barat laut Negeri Paman Sam dan tidak terlalu jauh dari perbatasan dengan Provinsi British Colombia di negeri tetangga sebelah utara, Kanada ini mendapat julukan sebagai “Emerald City” sekaligus merupakan kota yang letaknya tidak jauh dari markas besar pabrik pesawat terbang andalan Amerika Serikat yaitu Boeing.

Perjalanan kali ini menuju Seattle dimulai dari salah satu kota satelit yang terletak di sebelah timur yaitu “Bellevue” , secara harfiah dalam Bahasa Perancis berarti “Pemandangan yang Indah”. Belleveu memang memiliki pemandangan yang indah karena letaknya tidak jauh dari “Lake Washington” dengan airnya yang biru sejernih udara negara bagian Washington yang juga cerah berwarna biru di akhir September lalu.

Dari “Bellevue Transit Centre”, anjangsana ke Seattle yang paling ekonomis adalah dengan menggunakan bus “Sound Transit” no 550. Tujuannya “Seattle Down Town” melewati jalan raya bebas hambatan I 90 dan juga menyeberangi jembatan di atas Lake Washington. Harga tiket 2,50 dollar AS per orang yang bisa dibayar dengan uang tunai ke mesin di depan sopir ataupun menggunakan kartu langganan ORCA Card.

Bus gandeng berwarna silver yang mirip dengan busway di Jakarta ini melaju dengan kencang meninggalkan Bellevue down town. Melewati Mercer Island dan kemudian juga Lake Washington melalui jembatan, jalan dan juga terowongan sebelum akhirnya memasuki kota Seattle. (Taufik Uieks)

Baca kisah selengkapnya di Kompasiana: "Seattle: Kereta dan Bus Berbagi Rel di bawah Tanah"

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM