Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melalui "Discover Indonesia", Menpar Optimistis Kunjungan Wisman Bertambah

Kompas.com - 31/07/2015, 08:19 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan pertunjukan yang ditampilkan oleh tiga grup kesenian asal Indonesia di Inggris Raya, Menteri Pariwisata Arief Yahya optimis berpengaruh kepada kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

"Saya mau (kunjungan) naik 50.000 (wisman). Dari 230.000 menjadi 280.000 wisatawan," kata Arief Yahya usai Jumpa Pers "Festival Discover Indonesia" di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Arief menambahkan tambahan kunjungan tersebut juga akan berdampak total belanja wisman saat berkunjung ke Indonesia. Ia mengatakan telah menghitung sebelum memberikan dukungan kepada acara "Discover Indonesia" yang diinisiasi oleh British Council.

"Kalau dihitung 50.000 kali 1.000 dollar AS jadi 650 juta dollar AS. Jadi pengeluaran (biaya promosi) 10 miliar rupiah hanya dua persen dari pendapatan," kata Arief.

Program Discover Indonesia diluncurkan oleh organisasi internasional di bidang kebudayaan dan pendidikan dari Inggris Raya, British Council. Acara ini turut didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dewan Budaya dan Pariwisata Provinsi Aceh, Kedutaan Besar Indonesia di Inggris, dan Kedutaan Besar Inggris di Indonesia.

Tiga grup kesenian yang akan tampil di Inggris Raya tersebut adalah Kande (musik rock-etnik dari Aceh), Papermoon Puppet Theatre (teater boneka kontemporer dari Yogyakarta), dan Soerya Soemirat (sanggar tari klasik Jawa dari Keraton Mangkunegaran Solo). Tiga grup kesenian tersebut akan menampilkan pertunjukan di empat kota besar di Inggris Edinburg, London, Glasgow, dan Cardiff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com