Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Memilih Penari Seblang di Banyuwangi

Kompas.com - 31/07/2015, 18:37 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Fidyah Yuliaty, siswi kelas 3 SDN 1 Glagah terpilih sebagai penari Seblang pada ritual Seblang Olehsari yang diadakan selama 7 hari berturut-turut pada bulan Syawal oleh warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Fidyah menggantikan penari sebelumnya, yaitu Suidah (19) yang sudah menjadi penari Seblang selama 7 tahun berturut-turut di ritual yang dipercaya sebagai tolak bala oleh masyarakat Using, Banyuwangi.

Area ritual dihiasi dengan hasil kebun dan sawah masyarakat setempat. Tradisi ritual tersebut diawali dengan seorang pawang membawa penari ke panggung pertunjukan untuk memasang mahkota berupa omprok yang dihiasi janur kuning dan beberapa macam bunga segar di atasnya. Setelah itu para pawang membacakan mantra untuk memasukkan roh Sang Hyang ke dalam tubuh sang penari.

Proses masuknya roh diawali dengan Gending Lukinto, lalu dilanjutkan dengan 28 lantunan gending yang dibawakan oleh sinden dan penabuh musik yang masih mempunyai ikatan darah Seblang dari penari penari sebelumnya.

Untuk membuktikan roh sudah masuk dalam tubuh penari, pawang cukup menggoyangkan tubuh penari ke kanan dan ke kiri. Apabila nyiru kosong yang sejak tadi dipegang penari jatuh dan badan penarinya terjungkal ke belakang menandakan bahwa penari sudah kerasukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com