Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarian Adat Akan Ramaikan Festival Teluk Humbolt Agustus Ini

Kompas.com - 01/08/2015, 13:34 WIB
JAYAPURA, KOMPAS.com -Tarian dari 14 Kampung yang ada di Kota Jayapura akan menampilkan ciri khasnya dalam pelaksanaan Festival Teluk Humbolt, 5-7 Agustus 2015.

"Festival Teluk Humbolt nanti akan kita tampilkan tarian dari 14 kampung yang ada di tanah Port Numbay sebagai bentuk pelestarian budaya asli yang harus terus dipertahankan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jayapura Bernard Fingkreuw di Jayapura, Rabu.

Tidak hanya dalam bentuk tarian, tambahnya, masyarakat adat juga akan menampilkan berbagai kesenian khas yang selama ini mampu menarik perhatian wisatawan untuk datang ke festival tersebut.

"Mereka nanti juga akan menampilkan tarian lemon nipis dan juga suling tambur," ucap Fingkreuw.

Mengenai kesiapan, Fingkreuw mengatakan, masyarakat adat yang akan tampil sudah siap karena mereka sangat menantikan ajang pariwisata seperti itu untuk mengenalkan budayanya ke masyarakat luas.

"Kebanyakan di kampung-kampung sudah memiliki sanggar tari, dan pelaksanaan Festival Teluk Humbolt ini setiap tahun selalu mereka nantikan," katanya.

Mengenai target pengunjung, Fingkreuw mengaku pihaknya tidak mematok angka pasti, namun ia menginginkan agar pelaksanaan kali ini lebih banyak menarik wisatawan untuk datang.

"Ya kalau bisa yang datang sampai ribuan karena kita juga akan buka pasar malam mulai 2 Agustus 2015," ujarnya. (Dhias Suwandi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com