Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Ajari Anak Tips Ini Jika Tersesat Saat Berwisata

Kompas.com - 01/08/2015, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Tersesat adalah hal yang terjadi pada tujuh dari 10 anak. Jadi lima hal ini harus Anda beritahukan pada anak jika mereka tersesat ini.

1. Ingat nama ayah dan ibu

Anak umur tiga tahun biasanya hanya mengingat orangtuanya dengan sebutan ‘Mama’ dan ‘Papa’. Mulai sekarang Anda harus melatih mereka untuk mengingat nama orang tua agar ketika tersesat, ia bisa menjawab siapa nama orang tuanya.

2. Selalu tetap dekat

Aturan yang berlaku adalah jika ia bisa melihat Anda, Anda juga pasti bisa melihatnya. Berpesanlah pada anak untuk selalu bisa melihat Anda karena dengan cara ini mereka juga tak akan lepas dari jarak pandang Anda.

3. Berteriak dengan kencang

Tempat anak tersesat biasanya ramai dan dipenuhi banyak orang. Beritahu anak-anak Anda untuk berteriak dengan kencang saat tersesat dan diam di satu tempat. Dengan cara ini Anda bisa mendengar dan mengikuti suara mereka.

4. Cari bantuan dari ibu dan anak lain

Berdasarkan penelitian, orang asing yang paling aman untuk dimintai tolong adalah ibu dan anak.  Jika anak Anda tersesat di toko, kasir juga merupakan pilihan yang tepat untuk dimintai tolong mencarikan ayah dan ibu dari anak yang tersesat.

 5. Jangan memberi hukuman

Tersesat adalah sebuah pengalaman yang traumatis bagi anak. Anda tidak boleh memarahi mereka ketika hal ini terjadi. Pastikan anak juga tidak takut kemudian bersembungi saat tersesat. Beritahu mereka untuk tetap diam di tempat terakhir berpisah dengan Anda. Ini merupakan cara termudah bagi Anda untuk menemukan mereka kembali.

Itulah lima tips yang harus Anda beritahukan pada anak saat mereka tersesat. Semoga saja anak-anak Anda tidak perlu mengalami kejadian ini. (Yahoo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com