Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Pesawat Keliling ASEAN Cuma Rp 1.950.000, Mau?

Kompas.com - 03/08/2015, 10:51 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan menggunakan program AirAsia ASEAN Pass, wisatawan cukup mengeluarkan biaya Rp 1.950.000 untuk mendapatkan total 10 kredit. Dengan kredit tersebut, wisatawan dapat menghemat pengeluaran biaya transportasi untuk keliling negara-negara di ASEAN.

“Menggunakan AirAsia ASEAN Pass akan lebih hemat. Itu karena kan harga tiket (perjalanan) sudah tetap. Tidak terbentur currency,” kata Marketing Eksekutif AirAsia Indonesia, Tazkia Febyani Jiniputri kepada KompasTravel usai acara "#GetLostASEAN Making ASEAN Dreams Come True" di Century Park Hotel, Sabtu (1/8/2015).

Tazkia menjelaskan bahwa dengan menggunakan program tersebut, wisatawan tidak perlu membeli tiket pesawat kembali ketika akan berwisata menuju negara-negara ASEAN. Ia beralasan jika melakukan hal seperti itu, wisatawan akan mendapatkan harga tiket berdasarkan kesediaan kursi dan periode tertentu saat berwisata.

“Kalau beli satu-satu kan mahal. Nah wisatawan bisa ngatur rencana perjalanannya sendiri. Di booking page nanti tetap beli masing-masing penerbangan,” kata Tazkia.

Program AirAsia memiliki dua kategori yaitu AirAsia ASEAN Pass dan AirAsia ASEAN Pass Plus. Harga yang ditawarkan untuk kategori “plus” adalah Rp 3.550.000 dengan total kredit 20 poin.

“Penggunaan kreditnya seperti begini. Penerbangan di atas dua jam, terpotong tiga kredit. Kalau di bawah dua jam, terpotong satu kredit,” ujar Tazkia.

Ketersediaan tiket pesawat, lanjut dia, tentu berdasarkan musim “peak season” atau bukan. Tazkia mengatakan wisatawan harus pandai dalam mengatur waktu perjalanan untuk berwisata ke setiap negara-negara ASEAN.

“Ada hari-hari yang tidak bisa menggunakan AirAsia ASEAN Pass seperti akhir pekan, libur umum dan libur sekolah,” katanya.

Program AirAsia ASEAN Pass tidak termasuk pajak bandara dan biaya lain seperti bagasi check-in, makanan dalam penerbangan, kursi dan asuransi perjalanan. Wisatawan harus membayar biaya-biaya tersebut secara terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com