Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buleleng Festival 2015 Dibuka Sore Ini

Kompas.com - 04/08/2015, 16:02 WIB
SINGARAJA, KOMPAS.com - Sebanyak 21 sekaa gong di Kabupaten Buleleng, Bali akan menggemuruhkan pembukaan Buleleng Festival 2015, Selasa (4/8/2015) pukul 16.30 Wita. Semua Sekaa itu akan tampil bersamaan dalam pembukaan Buleleng Festival 2015.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Buleleng sebagai pelaksana Buleleng Festival telah memantapkan persiapan teknis dalam pembukaan Buleleng Festival 2015.

Kepala Disbudpar Buleleng, Gede Suyasa menjelaskan, dalam pembukaan Buleleng Festival 2015, puluhan sekaa gong akan tampil di sepanjang Jalan Ngurah Rai. Puluhan sekaa gong tampil berderet di sepanjang jalan utama di Kota Singaraja itu.

"Kurang lebih mereka akan tampil di Jalan Ngurah Rai sepanjang kurang lebih 300 meter. Masing-masing sekaa gong kami tempatkan pada sebuah panggung khusus. Satu panggung panjangnya sampai 15 meter," jelasnya.

Seluruh sekaa gong juga harus menyiapkan penari yang membawakan Tari Teruna Jaya serta Tari Wiranjaya. Tari Teruna Jaya mewakili tari kebanggan masyarakat Buleleng Timur, sementara Tari Wiranjaya mewakili ikon tari masyarakat Buleleng Barat.

Buleleng Festival 2015 diselenggarakan hingga 8 Agustus mendatang. Kegiatan dipusatkan di sekitar Tugu Singa Ambara Raja, serta memanfaatkan Gedung Sasana Budaya dan Puri Kanginan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com