Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Perlunya Mengajak Anak-anak Berpelesir

Kompas.com - 05/08/2015, 12:44 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata bersama anak menawarkan kesempatan untuk mengenal kepribadian anak. Dalam keadaan senang hingga sulit, sifat anak akan terlihat secara alami. Namun walaupun bertujuan demikian, kenyamanan adalah hal yang utama saat melakukan perjalanan bersama anak.

Selain berwisata di dalam negeri, perjalanan menuju destinasi di luar negeri pun dapat dilakukan. "Destinasi di ASEAN bisa dikunjungi bersama anak. Biasanya kota-kota besar ramah terhadap anak," kata wisatawan sekaligus penulis buku bertema wisata, Sonson NS kepada KompasTravel usai acara “#GetLostASEAN Making ASEAN Dreams Come True" di Century Park Hotel beberapa hari lalu.

Sonson menyebutkan bahwa kota-kota besar di ASEAN merupakan destinasi yang ramah untuk dikunjungi bersama anak.

"Singapura, Bangkok, Kuala Lumpur. Ya itu sebagian kota-kota besar yang bisa dikunjungi," katanya.

Ia beralasan jika kota-kota besar telah memiliki berbagai kesiapan untuk wisata bersama anak. Kota-kota besar di ASEAN, lanjut Sonson, lebih mengedukasi anak, aman, dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan.

"Beda seperti (jika traveling) di daerah. Banyak toko-toko, lebih gampang menjangkau pihak keamanan," katanya.

Selain itu, keuntungan lain, kata Sonson adalah anak-anak lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Hal itu karena kota-kota besar tak jauh berbeda dengan kota-kota di Indonesia.

"Jika mencari rumah sakit, mudah ditemui. Kota-kota besar juga masyarakatnya lebih teredukasi," ujar pria yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat ini.

Dengan alasan-alasan tersebut, Sonson tetap menyarankan untuk memperhatikan kenyamanan anak dengan mempelajari pola hidup anak saat berwisata. Hal-hal tersebut, lanjut Sonson, akan mempengaruhi kondisi anak ketika sedang berwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com