Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Cantiknya Goa Warna-warni di Tiongkok

Kompas.com - 07/08/2015, 19:07 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

KOMPAS.com — Meskipun identik dengan gelap, tetapi goa yang satu ini memancarkan beragam cahaya warna-warni yang menakjubkan. Berada di kedalaman 240 meter di bawah permukaan tanah, Reed Flute menjadi salah satu obyek wisata andalan di Provinsi Guilin, Tiongkok.

Perpaduan warna yang spektakuler antara biru, merah, hijau, dan aneka warna lainnya membuat setiap pasang mata yang melihat pasti terkagum. Seorang fotografer asal Amerika, Scott Graham, pun tertarik menjelajahi goa ini saat melakukan perjalanan ke Tiongkok setelah mengetahui daya tarik yang ditawarkan Goa Reed Flute.

“Pemandu lokal mengatakan jangan sampai melewatkan Goa Reed Flute dan dia benar, ini spektakuler!” kata Graham.

SHUTTERSTOCK Gua Reed Flute di Guilin, Tiongkok.

Menurut Graham, Goa Reed Flute memiliki langit-langit yang tinggi serta stalaktit dan stalagmit yang berusia jutaan tahun. 


“Mereka bekerja dengan baik untuk pencahayaan goa dengan warna yang berbeda-beda dan membuat tempat ini sangat memanjakan mata,” lanjut Graham.

Meskipun telah mengunjungi beragam goa, menurut Graham, Reed Flute menjadi goa yang paling spektakuler dengan danau bawah tanah yang tenang dan jernih laksana cermin.

SHUTTERSTOCK Gua Reed Flute di Guilin, Tiongkok.

Dalam sebuah prasasti yang ada di dinding goa tertulis bahwa Goa Reed Flute berhasil menyedot perhatian pengunjung sejak 1.200 tahun lalu dengan menawarkan keindahan batuan kapur yang berusia sekitar 180 juta tahun. Prasasti tersebut diketahui berada sejak zaman Dinasti Tang pada tahun 792 Masehi.

“Tempat ini menunjukkan ternyata begitu banyak keindahan yang terdapat di bawah tanah. Alam benar-benar sangat menakjubkan,” tutup Graham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com