Kue Bulan Rasa Arang Bambu, Berani Coba? - Kompas.com

Kue Bulan Rasa Arang Bambu, Berani Coba?

Mentari Chairunisa
Kompas.com - 09/08/2015, 12:10 WIB
Arsip Hotel JW Marriott Jakarta Varian kue bulan chocolate and custard milk, white lotus paste with black sesame, dan white lotus paste dari Hotel JW Marriott Jakarta

KOMPAS.com – Kue bulan atau juga dikenal dengan mooncake sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Tionghoa. Kue berbentuk lingkaran dengan rasa manis ini rutin dikonsumsi saat perayaan festival musim gugur dari generasi ke generasi.

Secara tradisional, kue bulan berisi pasta biji bunga lotus dan dibalut dengan kulit tipis yang telah diolesi telur bebek. Namun, seiring berkembangnya waktu, kue bulan juga banyak dikreasikan dengan aneka isian dan juga ragam kulit pembungkusnya.

Hal itulah yang dilakukan Executive Chinese Chef Hotel JW Marriott Jakarta, Jhon Chu. Pria berkebangsaan Malaysia yang sudah lebih dari 10 tahun mendalami kuliner Tiongkok ini berhasil menciptakan aneka jenis kue bulan. Tak tanggung-tanggung, Jhon menawarkan enam varian kue bulan untuk dinikmati saat festival musim gugur yang jatuh pada 26 September 2015 mendatang.

Tahun ini, Jhon memperkenalkan dua varian baru kue bulan, yakni chocolate and custard milk dan white lotus paste with black sesame.

“Kenapa cokelat? Karena market-nya anak-anak suka minta. Lalu saya mau custom kulit cokelat isiannya custard. Jadi makan satu mooncake dua rasanya,” jelas Jhon saat ditemui di Hotel JW Marriott Jakarta, Rabu (5/8/2015).

Arsip Hotel JW Marriott Jakarta Kue bulan chocolate and custard milk dan white lotus paste with black sesame

Selain kedua rasa itu, Jhon kembali menghadirkan varian terlaris tahun lalu varian bamboo charcoal with pandan and coconut. Varian ini memadukan arang bambu dengan pandan dan juga kelapa parut dalam sebuah kue bulan. Meskipun dicampur dengan arang bambu asli, namun jangan khawatir soal kualitas dan rasanya. Jhon mengatakan arang bambu yang digunakan merupakan kualitas terbaik yang tidak perlu diragukan.

“Ini charcoal (arang) asli impor dari Jepang, ini salah satu bambu yang paling mahal,” jelas Jhon.

Campuran arang ini ternyata juga baik untuk kesehatan Jhon. Menurut Jhon, arang mampu menyerap kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh manusia.

“Dia (arang) bisa membersihkan badan kita, kotoran di badan kita, charcoal itu bisa menyerap itu,” imbuhnya.

Arsip Hotel JW Marriott Jakarta Kue bulan dalam varian bamboo charcoal with pandan and coconut dari Hotel JW Marriott Jakarta


Selain chocolate and custard milk, white lotus paste with black sesame, dan bamboo charcoal with pandan and coconut, varian tradisional kue bulan dengan isian kacang merah serta white lotus paste atau pasta biji bunga lotus juga disuguhkan tahun ini. Untuk varian pasta biji bunga lotus, Jhon memvariasikannya lagi dengan tambahan satu kuning telur bebek atau dua kuning telur bebek.

Untuk urusan bahan-bahan, Jhon memilih untuk menggunakan bahan impor untuk menjamin kualitas kue bulan. Tak hanya isiannya, bahan kulit kue bulanpun juga menggunakan tepung impor.

“Semua bahan dari Hongkong, ada yang sedikit impor dari Singapura. Kita hanya pakai bahan bagus untuk mempertahankan quality supaya tamu datang lagi,” jelas Jhon.

Pernasaran mencicipi legitnya kue bulan dengan aneka varian isi? Coba kunjungi Pearl Chinese Restaurant di Hotel JW Marriott Jakarta. Beragam variasi kue bulan ini tersaji mulai dari tanggal 1 Agustus hingga 8 Oktober 2015 dengan harga Rp 58.000 untuk ukuran standard an Rp 88.000 untuk ukutan besar. Tersedia paket Precious yang berisi empat kue bulan ukuran besar dengan harga Rp 488.000++ dan paket Treasures dengan enam rasa kue bulan ukuran standar dengan harga Rp 468.000++.

PenulisMentari Chairunisa
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM