Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus Belum Ada Rencana Liburan? Festival Petualang Nusantara Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 11/08/2015, 10:31 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agustus adalah bulan yang bermakna bagi negara Indonesia. Pada tahun ini, 17 Agustus jatuh pada hari Senin. Anda belum memiliki acara untuk berlibur sekaligus merayakan kemerdekaan di tempat wisata?

Pada tanggal 15-17 Agustus 2015 terdapat satu acara yang dapat wisatawan kunjungi. Acara tersebut bernama "Festival Petualang Nusantara #4".

"Festival Petualang Nusantara tahun ini bertepatan dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Kita ingin para petualang di Indonesia ikut meramaikan," kata Ketua Penyelenggara Festival Petualang Nusantara #4 Aji Rachmat kepada KompasTravel usai jumpa pers di Gedung Kementerian Pariwisata, Senin, (10/8/2015).

Aji mengatakan festival ini diselenggarakan di Kawasan Wisata Pantai Guci Batu Kapal Kalianda dan Anak Gunung Krakatau, Lampung. Wisatawan yang ikut akan merasakan kemah di pinggir pantai.

"Nanti kita bisa main-main di pantai, bersepeda, snorkeling, bertukar pengalaman antar petualang baik senior maupun pemula," katanya.

Selain bermain di Kawasan Wisata Pantai Guci Batu Kapal Kalianda, terdapat pula acara untuk bertukar wawasan dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Aji mengatakan tema-tema yang dibahas adalah tentang penanganan ular, jurnalistik petualangan, fotografi alam liar, film dokumenter, dan tulisan pariwisata.

"Kita juga mau kibarkan bendera di bawah laut, udara, dan gunung. Wisatawan dapat ikut kibarkan bendera di Puncak Gunung Rajabasa juga upacara di pantai," ujar Aji.

Untuk dapat mengikuti acara Festival Petualang Nusantara #4 ini, Anda dipungut biaya sebesar Rp 175.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk transportasi ke lokasi, makan dan alat masak, peralatan kemah, penyeberangan ke Anak Krakatau, dan penyewaan alat-alat seperti bersepeda, menyelam, dan snorkeling.

Festival Petualang Nusantara (FPN) merupakan acara non profit yang telah diselenggarakan tiga kali. FPN pertama kali digelar 2010 di Kaliadem, Lereng Merapi, Jawa Tengah. Tahun kedua, FPN diselenggarakan di Coban Rondo, Batu, Malang, dan terakhir FPN diselenggarakan di Baturaden Jawa Tengah pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com