Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati "Sunrise" di Gunung Ungaran

Kompas.com - 11/08/2015, 15:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Mendaki gunung memang kegiatan petualangan yang melelahkan. Namun bagi beberapa orang, selalu ada kerinduan untuk kembali mendaki gunung. Salah satu hal yang dapat membuat seseorang ingin mendaki gunung lagi adalah melihat pemandangan matahari terbit di ufuk timur.

Salah satu gunung yang menawarkan pemandangan matahari terbit dengan jajaran gunung-gunung dari puncak adalah Gunung Ungaran. Berlokasi di Ungaran, Jawa Tengah, gunung ini memiliki ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Ungaran dapat didaki dari tiga jalur pendakian yaitu melewati jalur Jimbaran, Medini, dan Candi Gedong Songo.

KompasTravel sempat mencoba pendakian Gunung Ungaran melewati jalur Jimbaran pada bulan lalu. Perjalanan dimulai dari Plemburan, Semarang menuju kaki gunung Ungaran menggunakan taksi. Harga yang dibayarkan untuk mencapai pos pendakian pertama di Pos Mawar sebesar Rp 150.000. Perjalanan dari Plemburan menuju kaki gunung menempuh jarak sekitar 32 kilometer.

Pada awal pendakian, Pos Mawar telah ramai oleh para pendaki lain baik yang ingin mendaki gunung atau hanya berkemah di kaki gunung. Pendakian sendiri dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB. KompasTravel mendaki bersama dua wisatawan asing dari Barcelona (Spanyol) dan juga seorang mahasiswa Universitas Diponegoro. Dini hari, angin bertiup semakin kencang.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Anna dan Eduard, wisatawan asing asal Barcelona, Spanyol, mendaki Gunung Ungaran, Selasa (21/7/2015).

Awal perjalanan, dominasi hutan pinus terlihat samar-samar. Gelak tawa para pendaki di perkemahan masih terdengar. Api unggun mewarnai gelapnya malam. Senter-senter di kepala yang digunakan para pendaki turut menerangi. Derap langkah membelah sunyi hutan di kaki Gunung Ungaran.

"Apakah ini benar jalur pendakiannya?" tanya Eduard, wisatawan asing yang ikut mendaki bersama KompasTravel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com