Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topeng dari Berbagai Negara Hadir di Festival Topeng Malaysia

Kompas.com - 14/08/2015, 11:34 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Malaysia International Mask Festival resmi dibuka di Esplanade, Kuala Lumpur City Centre (KLCC) Park, Malaysia, Kamis (13/8/2015) malam. Festival topeng bertaraf internasional ini dimulai dengan pertunjukan tarian dari negara-negara yang berpartisipasi.

"Ini adalah festival topeng pertama kami di Malaysia. Kita terinspirasi dari festival di Milan, Italia," kata Direktur Komunikasi Korporat Kementerian Pariwisata dan Budaya Malaysia, Azizah Aziz kepada KompasTravel di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (13/8/2015).

Ia mengatakan festival yang bertema "Throughout time… Every face tells a story" ini diharapkan menjadi festival tahunan yang diselenggarakan di Malaysia. Dengan demikian, lanjut Azizah, para wisatawan dapat datang ke Malaysia untuk melihat pertunjukan topeng.

"Festival ini menampilkan keunikan topeng yang berasal dari budaya-budaya negara yang hadir," katanya.

Negara-negara yang berpartisipasi pada gelaran festival ini adalah Indonesia, Italia, Tiongkok, Thailand, Filipina, Korea Selatan, Sri Lanka, dan Malaysia. Para negara peserta membawa topeng-topeng dan kostum yang berasal dari masing-masing budaya asal.

Pantauan KompasTravel, ratusan wisatawan dari berbagai negara memenuhi pelataran di sekitar kolam Esplanade KLCC Park, Malaysia, untuk menyaksikan pertunjukan pembuka. Masing-masing negara menampilkan tarian-tarian dengan menggunakan topeng bersamaan dengan pertunjukan air mancur yang berwarna-warni.

Perwakilan dari Indonesia turut tampil untuk membuka festival topeng bertaraf internasional ini. Pada festival topeng ini, terdapat juga acara seperti pameran topeng dan kostum tari, demonstrasi melukis wajah, topeng, helm serta pembuatan topeng. Selain itu juga diselenggarakan lomba memggambar dan mewarnai topeng.

Kemudian, ada pula parade topeng sejauh satu kilometer yang dimulai dari Malaysia Tourism Centre (MaTiC) Jalan Ampang – Jalan Sultan Ismail – Jalan P. Ramlee – Suria KLCC pada tanggal 14 Agustus 2015. Malaysian Internasional Mask Festival diselenggaran oleh Departemen Nasional Seni dan Budaya Malaysia yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Budaya Malaysia. Festival ini berlangsung sejak tanggal 12-16 Agustus 2015 mulai pukul 10.00 hingga 23.00 waktu setempat di Esplanade, KLCC Park, Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com