Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni Menunggu Pesona Matahari Terbit di Bukit Lawangan

Kompas.com - 18/08/2015, 20:11 WIB

KOMPAS.com - Pesona keindahan wisata alam di seantero Kalimantan Selatan masih banyak yang natural, sebagian malah belum banyak terjamah tangan manusia. Letaknya di pedalaman, sehingga aksesnya dari kota cukup jauh.

Panorama alam yang ditawarkan pun indah. Dipenuhi hamparan perbukitan yang masih hijau, menjadikannya pemandangan yang sejuk dipandang mata. Di antaranya adalah Bukit Matang Kaladan di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Perjalanan ke sana cukup menguras tenaga dan waktu. Pasalnya, trek yang dilewati berupa tanjakan yang curam dan waktu tempuhnya cukup lama. Perjalanan ke sana dari Banjarmasin ditempuh sekitar 1,5 jam. Dari Banjarmasin, arahkan perjalanan ke Dermaga Riam Kanan di Kabupaten Banjar.

"Dari situ barulah berjalan kaki sekitar 30 menit. Melewati tanjakan-tanjakan dan perumahan warga. Pemandangannya di sini indah sekali," demikian cerita fotografer Banjarmasin Post, Kaspul Anwar yang pernah ke sana.


Berkemah di puncak Bukit Lawangan sembari menunggu momen matahari terbit (Banjarmasin Post/ Kaspul Anwar)

Bukit Matang Kaladan juga biasa disebut Bukit Lawangan ini merupakan alternatif terbaik untuk para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar Bendungan Riam Kanan. Dengan modal kecil, pemandangan yang didapat tak kalah indahnya dengan Bukit Batas yang merupakan tetangganya.

"Trek ke sana cukup curam tanjakannya. Kalau mau naik ke sana perlu bantuan tali," bebernya.

Seandainya tidak memakai tali, wisatawan harus berpegangan tangan di batang-batang pohon di sana saat naik karena saking curamnya. Harus berhati-hati pula karena banyak tanaman berduri di sana.


Wisatawan menyusuri jalan setapak menuju puncak Bukit Lawangan (Banjarmasin Post/ Kaspul Anwar)

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com