Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan di Balik Lukisan Pegulat Kenakan Cincin Batu Akik

Kompas.com - 26/08/2015, 10:32 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Ada yang menarik dalam pameran lukisan di Gallery Maya Resort, yakni lukisan milik Ida Bagus Janadana. Lukisannya menggambarkan dua sosok pegulat karena terinspirasi dengan olahraga gulat bebas asal Amerika Serikat, yaitu World Wrestling Entertainment (WWE).

"Lukisan ini idenya dari bintang WWE. Ini ibaratnya gambar The Rock sama John Cena yang siap tanding. Karena saya orang Bali dan (lukisan) dibuat di Bali, saya masukkan unsur Bali," kata Ida Bagus Janadana di Denpasar, Bali, Senin (24/8/2015).

Ada yang lebih menarik juga dalam lukisan pegulat WWE ini. Menurut Janadana, dua pegulat tersebut mengenakan cincin batu akik yang saat ini sedang booming di Indonesia. Cincin batu akik disertakan dalam goresan lukisannya untuk memberikan pesan bahwa saat ini Indonesia sedang booming batu akik.

"Batu akik di Indonesia sedang booming, lagi ngetren. Sebenarnya ini spirit, semangat. Lukisan ini kan menggambarkan lukisan olahragawan, dengan bersemangat, pantang menyerah. Ide saya, saya tambahkan batu akik. Dengan kemajuan zaman, maka tidak ada batas gerak, ruang, dan waktu. Unsur internasional (WWE), unsur nasional (tren batu akik), dan unsur lokal (udeng di kepala) adalah penggabungan hal yang ada di dunia ini," tambahnya.

Lukisan yang digarap dalam waktu empat hari tersebut, selain dipamerkan, juga dijual dengan harga Rp 10 juta. Diharapkan, lukisan yang terpajang bisa menjadi inspirasi bagi yang melihat untuk bisa berkreasi dan berkarya. Lukisan milik Janadana ini dipajang di antara beberapa lukisan lain sebagai bagian dari kegiatan Sanur Village Festival ke-10.

Semua lukisan yang dipajang merupakan hasil karya pelukis asli asal Sanur yang memberikan kontribusi dalam acara tahunan Sanur Village Festival.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com