Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Gudeg Bu Niek, Cocok untuk Sarapan Hanya Rp 10.000

Kompas.com - 29/08/2015, 13:08 WIB
 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai kuliner khas Yogyakarta, panganan satu ini mudah ditemukan di berbagai sudut kota tersebut. Nah, jika Anda ingin sarapan gudeg yang lezat dan murah di Yogyakarta, datang saja ke Gudeg Bu Niek yang berada di Pasar Kluwih, Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Keraton.

Sebagian besar gudeg yang dijual pagi untuk sarapan adalah gudeg basah, termasuk gudeg Bu Niek ini. Niek Sumilartini (53) setiap harinya berjualan gudeg hanya menggunakan gerobak sederhana.

Meskipun tempat jualanya sederhana, tetapi rasa gudeg basah Bu Niek sangat nikmat. Satu porsi gudeg berisikan nasi, gudeg, sambal goreng krecek, areh, tahu dan lauk. Gurihnya areh (kuah santan kental), legitnya gudeg, berpadu pas dengan pedasnya sambal goreng krecek.

Untuk lauknya sendiri ada beberapa pilihan, seperti ayam, ayam suir, telur. Ayam yang digunakan Bu Niek adalah ayam kampung yang memiliki rasa lebih gurih. Meskipun menggunakan ayam kampung, tetapi dagingnya sangat empuk.

gudeg
Ayam yang digunakan Bu Niek adalah ayam kampung yang memiliki rasa lebih gurih. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

"Untuk lauk ayam ada beberapa pilihan bagian, yakni gending, tepong, mentok, kepala, sayap, paha," ujar Bu Niek.

Gudeg yang terbuat dari nangka muda, harus dimasak seharian untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang pas. Bumbu yang digunakan untuk membuat gudeg adalah bawang merah, bawang putih, salam, laos, gula jawa, garam.

Untuk sambal goreng krecek, bumbu-bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabai, gula merah. Untuk rasa yang lebih pedas, terdapat cabai rawit di sambal goreng tersebut.

nasi gudeg
Gudeg Bu Niek.  (Tribun Jogja/Hamim Thohari)
Gudeg Bu Niek menjadi pilihan sarapan lezat dengan harga yang sangat ramah. Satu porsi nasi gudeg suwir ayam, harganya hanya Rp 8.000, gudeg telur Rp 7.000, gudeg suir dan telur hanya Rp 10.000. Sedangkan untuk nasi gudeg gending dan mentok dibanderol Rp 24.000 per porsi.

Selain nasi ada juga pilihan bubur untuk menyantap gudeg. Setiap harinya gudeg Bu Niek buka dari jam 6 pagi hingga hingga jam 10 pagi. Jangan datang terlalu siang, jika ingin menikmati lezatnya gudeg Bu Niek.

Tempat berjualan Bu Niek ini berada di sisi timur Keraton Yogyakarta. Jika Anda dari Alun-Alun Utara Yogyakarta, arahkan tujuan Anda ke arah timur hingga pertigaan plengkung Wijilan. Dari pertigaan tersebut kemudian ke selatan sekitar 500 meter hingga menemukan tanda arah Polsek Keraton. Ikuti tanda tersebut dan anda akan menemukan pasar Kluwih. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com