Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau "Solo Backpacking"? Persiapkan 5 Hal Ini

Kompas.com - 29/08/2015, 20:01 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

KOMPAS.com - Melakukan perjalanan solo bukan hal yang nyaman bagi sebagian orang. Namun bagi Anggara, seorang backpacker dari Indonesia melakukan perjalanan solo justru memiliki banyak keuntungan, salah satunya lebih bebas dan tak berbenturan dengan kebutuhan rekan seperjalanan.

Agar bisa lebih nyaman dalam melakukan perjalanan solo, Anggara memberikan beberapa tipsnya dalam Workshop Beautiful Indonesia With Travel Expert and CIMB Niaga ASEAN Day Photo Competition Winner, di acara pameran wisata Kompas Travel Fair 2015, Jakarta, Sabtu (29/8/2015).

1. Tentukan waktu pergi sedini mungkin

Dengan waktu yang pasti, akan lebih mudah untuk mengurus cuti, memesan hotel, penerbangan, dan segala kebutuhan di tempat tujuan.

2. Rinci destinasi yang akan dikunjungi

Perencanaan matang akan menghemat waktu. Dengan merinci tempat dengan tepat, akan lebih mudah menentukan tempat menginap dan moda transportasi yang akan digunakan selama Perjalanan.

3. Buat itinerary

Itinerary
berisikan rencana dan jadwal perjalanan, buat sedetail mungkin. Berisi waktu, tempat, daftar barang, hingga barang yang akan dibeli seperti oleh-oleh.

4. Rencana anggaran

Proses penentuan anggaran keuangan sebaiknya jadi proses terakhir. Setelah perencanaan selesai, baru cari tiket, hotel, tempat makan, dan segala kebutuhan yang akan dibeli di sana. Dengan tanggal yang pasti, promo-promo tiket dapat dicari.

5. Merakyat

Agar tidak merasa terasing saat melakukan perjalanan, datangi tempat-tempat "merakyat" seperti warung kopi dan tempat-tempat berkumpul lokal lain. "Dengan begini saya bisa merasa seperti di rumah. Ini membuat saya tidak terasing di tempat wisata," papar Anggara.

Anggara sendiri mengaku Indonesia sudah menjadi tempat wisata yang "all in" alias semuanya ada. "Kita (Indonesia) punya pantai, gunung, gunung salju, padang rumput, padang pasir," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com