Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunikan Panggung Senyap, Panggung Tanpa Suara...

Kompas.com - 31/08/2015, 17:26 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2015 tak lengkap rasanya jika tak menjajal sensasi Panggung Senyap. Panggung yang berlokasi di tengah area Taman Kuliner Condong Catur, Yogyakarta ini adalah salah satu atraksi yang membedakan dengan FKY di tahun-tahun sebelumnya.

“Di panggung senyap, akan ada pertunjukan musik yang hanya dapat didengarkan melalui headset atau headphone. Jadi tidak akan ada musik ingar bingar yang terdengar jika tidak memakai alat dengar. Makanya yang terlihat, penonton yang ada di depan panggung akan menggoyangkan kepalanya padahal tidak ada suara apa pun,” ujar Iwan Pribadi, Divisi Media FKY 2015.

Area Panggung Senyap dikelilingi oleh pagar, di  bagian dalam ada panggung lengkap dengan berbagai macam alat disk jokey maupun instrumen musik lainnya. Sebelum memasuki area panggung senyap, pengunjung dapat meminjam headset yang sudah disetel oleh panitia khusus untuk mendengarkan pertunjukan tersebut.

“Pengunjung bisa meminjam headset dari panitia, atau bisa juga membawa sendiri. Untuk mendengarkan pun cukup mudah, yaitu menyetel headset atau radio di smartphone kita ke frekuensi 107.8 FM. Anda bisa langsung mendengarkan pertunjukan yang dimainkan oleh penampil di panggung,” kata Iwan.

Adanya panggung senyap ini cukup menarik antusiasme pengunjung, seperti pada Sabtu (29/8/2015) malam, saat dua orang DJ asyik memamerkan kemampuannya di atas panggung sementara di depan mereka banyak penonton menggoyangkan kepalanya dengan headset di telinga.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Penampilan DJ di Panggung Senyap Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2015 yang hanya dapat didengarkan melalui headset di frekuensi radio 107,8 FM.
“Pengunjung yang melihat kelakuan para penonton yang bergoyang padahal tidak ada musik yang terdengar sama sekali membuat mereka penasaran. Akhirnya banyak yang tertarik untuk mencoba,” kata Iwan.

Pangung Senyap adalah sebuah konsep panggung pertunjukan tanpa tata suara. Meskipun melalui gelombang radio FM, namun jangkauannya hanya terbatas di area festival sehingga pengunjung yang ingin menikmati musik harus datang ke lokasi.

Pertunjukan yang ditampilkan di Panggung Senyap ini pun beragam, mulai dari pertunjukan band, musik akustik, hingga musik eksperimental. Panggung ini bisa dinikmati sejak pukul 19.00 hingga pukul 22.00 selama festival ini berlangsung secara cuma-cuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com