Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Australia Hanya Tahu Bali

Kompas.com - 03/09/2015, 14:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, Indonesia memiliki tantangan dalam melakukan promosi destinasi wisata. Salah satunya adalah mempromosikan destinasi selain Bali.

"Salah satu tantangan untuk Kementerian Pariwisata Indonesia. Selama ini wisatawan Australia hanya tahu destinasi Bali. Tapi belum tahu destinasi lain," kata Manager Singapore & Indonesia Tourism Australia, Brent Anderson kepada KompasTravel usai acara "Partnership Signing Ceremony PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dengan Tourism Australia" di Gedung Ikatan Istri Karyawan Garuda Indonesia, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Brent menuturkan wisatawan Australia menyukai destinasi pantai di Indonesia. Ia pun mengatakan wisatawan Australia gemar berjemur di bawah sinar matahari. "Wisatawan Australia itu suka petualangan. Suka hal-hal mencoba hal-hal yang baru," katanya.

Secara letak geografis, Brent yakin masih banyak destinasi-destinasi wisata yang dapat dieskplor oleh para wisatawan di Indonesia. Ia beralasan Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan potensi alam. "Makanan Indonesia juga menarik bagi wisatawan Australia. Rasa-rasa pedasnya. Seperti saya, suka sate ayam," ujarnya.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Taman Ujung di Karangasem, Bali.
Di samping tantangan dan peluang pengembangan pariwisata Indonesia, Brant turut mengapresiasi langkah Kementerian Pariwisata melakukan promosi. Kementerian Pariwisata dianggap berhasil mempromosikan Kota Jakarta. "Kementerian Pariwisata sudah bagus promosi kota Jakarta sebagai Kota Metropolitan dan fashion," katanya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia dan Tourism Australia melakukan kerja sama dalam mengembangkan pariwisata. Tourism Australia akan membantu mempromosikan destinasi-destinasi non Bali seperti Manado, Lombok, Sumbawa Besar, Banyuwangi, dan Bandung yang rute penerbangan dilayani oleh Garuda Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com