Soto Kerbau Khas Kudus Ini Selalu Bikin Kangen Halaman 1 - Kompas.com

Soto Kerbau Khas Kudus Ini Selalu Bikin Kangen

Kompas.com - 08/09/2015, 18:03 WIB
Tribun Jateng/ M Syofri Kurniawan Soto Kudus Pak Ramidjan yang berada di Jalan Raya Kudus-Jepara, tepatnya di Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus.

KOMPAS.com - Barangkali Anda bisa menyantap masakan soto di semua kota yang Anda singgahi. Tetapi Soto Kudus tetap memiliki keistimewaan tersendiri yang tak dimiliki soto dari daerah lain.

Itu sebabnya, menu ini menjadi pilihan pecinta kuliner soto saat berkunjung ke Kota Wali. Satu yang tak pernah sepi pengunjung di antaranya Soto Kudus Pak Ramidjan yang berada di Jalan Kudus-Jepara, tepatnya di Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus.

Begitu tersohor soto ini hingga warga Kudus, khususnya mereka yang merantau, selalu menyempatkan diri mampir saat pulang kampung. "Katanya, mereka kangen kuliner soto kerbau khas Kudus ini," ungkap Ferry Roosmawan (38), penjual Soto Kudus Pak Ramidjan.

Ferry memang bukan generasi pertama. Dia mendapat warisan dari sang ibu yang juga meneruskan usaha yang buka sejak 1950 ini. Ferry mulai terjun langsung pada 2007.


Soto Kudus Pak Ramidjan sedang diracik dan dituangi kuah panas sebelum disajikan.

Daging kerbau memang menjadi kekhasan soto kudus. Ini pula yang tidak dimiliki daerah lain yang biasanya menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai isian soto. Di Kudus, daging sapi tidak ditabukan tetapi tidak dikonsumsi atas alasan toleransi.

Sejak 500 tahun lalu, penganut Islam menghormati keyakinan umat Hindu, yang lebih dulu tinggal di Kudus, yang menganggap sapi sebagai hewan suci.

"Dari dulu, sejak zaman Sunan Kudus, sudah menjadi tradisi orang Kudus menggunakan daging kerbau. Tapi, yang pakai daging sapi, juga sudah ada," ucap Ferry.

Page:
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM