Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Turut Promosikan Pariwisata Yogyakarta

Kompas.com - 11/09/2015, 11:32 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta sedang gencar mempromosikan objek wisata lama yang potensial dengan berbagai cara. Salah satunya adalah event khusus untuk para pesepeda yang diadakan di tahun 2015.

“Untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Yogyakarta, Dinas Pariwisata DIY berusaha memberi rangsangan berupa kegiatan. Beberapa kegiatan yang melibatkan olahraga bersepeda diselenggarakan untuk menggugah minat masyarakat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanto, Minggu (6/9/2015).

Penyelenggaraan Nglanggeran Mountain Bike yang diadakan sejak tahun 2014 adalah salah satu cara yang ditempuh untuk mengenalkan kawasan Ekowisata Gunung Api Purba yang berlokasi di Gunungkidul tersebut.

“Pada tanggal 23 Agustus 2015, Dinas Pariwisata DIY kembali mengadakan Nglanggeran Mountain Bike dengan tema ‘Geocycling at Geopark Gunung Sewu Geosite Gunung Api Purba’. Hanya dengan biaya pendaftaran senilai Rp 25.000 peserta bisa merasakan sensasi bersepeda di kawasan Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran, sambil menyusuri pedesaan dan persawahan,” ujar Aris.

Selain diadakan di Nglanggeran, Dinas Pariwisata DIY juga telah mengadakan Jogja Bike Heritage pada tanggal 31 Mei 2015 lalu. Mengangkat tema Jelajah Candi, kegiatan tersebut dimulai dengan rute dari tempat Parkir Ramayana Ballet, Prambanan menuju ke Candi Ijo.

“Pada tanggal 20 September 2015 nanti, kami juga akan menyelenggarakan Jelajah Sepeda Wisata TAHURA yang dilaksanakan di Taman Hutan Raya di Playen, Gunung Kidul. Di event-event tersebut, kami memberi rangsangan berupa hadiah yang bisa diperebutkan berupa sepeda gunung, televisi, handphone, dan uang tunai,” kata Aris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com