Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Bisa Masuk 3 Besar Dunia sebagai Destinasi Bulan Madu

Kompas.com - 11/09/2015, 16:03 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Ketua Harian Bali Wedding Association (BWA), Marcelino Wauran mengatakan, Bali memiliki potensi masuk 3 besar sebagai destinasi bulan madu (honeymoon) di dunia.

Seperti diberitakan KompasTravel, Rabu (9/9/2015), Bali masuk 20 nominasi destinasi bulan madu terbaik di dunia versi U.S News. Saat ini, Bali mendapatkan pilihan sebanyak 753 wisatawan dan menduduki posisi keenam.

Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri bahwa banyak kompetitor dengan harga kompetitif dan wisata unik di negara tetangga.

“Ini juga terkait dengan harga tiket yang murah, sehingga turis asing memilih lokasi yang dekat dengan negaranya,” kata Ketua Harian Bali Wedding Association (BWA), Marcelino Wauran, Kamis (10/9/2015).

Untuk itu, dia mengimbau pemerintah untuk semakin menggencarkan iklan dengan opsi yang bervariatif. “Misalkan saja adanya promosi saluran iklan melalui channel televisi kabel atau situs online dunia, sehingga bisa dilihat banyak orang,” katanya.

Sementara untuk pihak swasta, Marcelino menyarankan agar bisa berkomitmen, konsisten dan tetap menjaga kondusifitas pariwisata di Bali.

Sementara itu, Ketua PHRI Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati, membenarkan bahwa dari 3,6 juta wisatawan ke Bali pada tahuh 2014, dengan beberapa di antaranya datang untuk berbulan madu.

“Untuk Ubud misalnya, kita memang mengarahkan ke wisatawan honeymoon, apalagi Ubud dipakai juga untuk syuting Eat, Pray and Love,” katanya.

Pria yang kerap disapa Cok Ace ini menambahkan bahwa tujuan honeymoon ke Ubud untuk wisatawan asing masih didominasi wisatawan asal India, Australia, dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com