Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyeruput Kopi Toraja di Bawah Kolong Jembatan, Nikmat!

Kompas.com - 16/09/2015, 12:35 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Kafe Kolong di Jember, Jawa Timur tak hanya menawarkan suasana temaram dan alunan lagu dari alat musik yang dimainkan oleh muda-mudi kota. Ketika berkunjung ke Kafe Kolong, Anda dapat mencoba secangkir kopi toraja sambil bercengkerama bersama rekan perjalanan di bawah kolong jembatan.

Sang pemilik Kafe Kolong, Johanes Kris Astono menawarkan pilihan kopi yang dapat pengunjung nikmati. Ia mengatakan terdapat tiga varian kopi yang tersaji di Kafe Kolong. Pilihan-pilihan kopi yang dijual berasal dari Jember, Bondowoso, Gresik, dan juga Toraja. "Kita di sini ada tiga varian yaitu Arabika, Robusta, dan Toraja Kalosi," kata Johanes kepada KompasTravel saat ditemui di Kafe Kolong, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015) lalu.

KompasTravel sempat mencicipi sajian kopi toraja kalosi. Tak perlu menunggu waktu lama, secangkir kopi pun langsung dipesan. Kemudian tak beberapa lama kemudian, pramusaji Kafe Kolong meletakkan secangkir kopi yang masih mengeluarkan asap karena panas. Di atas meja bambu, kopi siap untuk dicicipi.

Begitu tiba, KompasTravel langsung menyeruput kopi yang baru diseduh ini. Ketika mulai mencumbu bibir cangkir, rasa asam kopi langsung terekam di lidah. Sementara aroma kopi toraja kalosi amat harum kala terhirup hidung. Sambil menyeruput kopi, KompasTravel ditemani dengan lagu-lagu pop Indonesia seperti Dewa 19, Peterpan, dan juga Padi. Alunan musik menambah kenikmatan setiap kali mencecap air kopi yang hitam.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Secangkir Kopi Toraja Kalosi yang disajikan di Kafe Kolong, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015).
Kafe Kolong menyediakan menu-menu kopi seperti kopi ala kolong, kopi racik, dan kopi premium. Kopi ala kolong terdiri dari kopi tubruk, tubruk susu, tubruk jahe, tubruk cokelat, dan tubruk mix. Untuk pilihan kopi racik seperti a la cappucino, a la cappucino iced, a la vanilla late, a la latte, a la latte iced, dan a la moccha.

Sementara pilihan kopi premium, Kafe Kolong memberikan pilihan Nescafe Classic, Exelso Robusta, Exelso Arabica, Exelso Blended, Exelso Toraja Kalosi, Singa Robusta, Singa Arabica, Singa Blended, dan Toraja Kalosi. Harga secangkir kopi yang ditawarkan di Kafe Kolong berkisar dari Rp 3.000 - Rp 8.000.

Jika tidak suka kopi, terdapat pilihan minuman lain seperti teh, susu, dan juga jus buah. Kafe Kolong berlokasi di bawah kolong jembatan Jalan Mastrip, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur. Kafe ini buka setiap hari mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com