Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berminat Berburu Aurora di Eropa?

Kompas.com - 18/09/2015, 18:49 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun segera tiba. Salah satu yang khas dari musim libur ini ialah musim dingin dan salju. Tapi tak hanya itu, ada juga wisata menarik yang dapat dicari: aurora.

Aurora sendiri hanya dapat dilihat di beberapa negara di dunia pada musim dingin. Beberapa negara tersebut di antaranya Kanada, Alaska, Rusia, Finlandia, Norwegia, dan Swedia. Itu pun tak jelas jam atau waktu kemunculannya. Oleh sebab itu dalam tur-tur ke Eropa di musim dingin biasanya akan disertai dengan aktivitas 'berburu aurora'.

Salah satu yang menyediakan paket dengan kegiatan ini ialah Panorama Tour. "Kita beri mereka pemandu untuk mencari aurora. Biasanya mereka sudah hafal lokasi-lokasi yang sering," ujar Managing Director PT Panorama Tours Indonesia, Hellen Xu saat diwawancara usai pembukaan World of Panorama (WoP), di Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Panorama sendiri mengelola tiga negara: Finlandia, Norwegia, dan Kanada untuk wisata 'berburu aurora'. Kegiatan ini tentu tak berdiri sendiri, melainkan menjadi bagian dalam tur Eropa. Ada tiga pilihan paket yang dapat diambil yakni "12D Europe Santa Clause", "12D Europe Iceland", dan "9-10D Beautiful Aurora Canada".

Pengunjung akan mendapat potongan harga jika membeli paket-paket tersebut dalam WoP 2015. Potongan berkisar dari Rp 2 juta hingga Rp 12 juta per pasang (keluarga). Proses perburuan aurora biasanya akan berlangsung dari pukul 22.00 - 02.00. Meski demikian sayangnya ini juga tidak menjamin pengunjung dapat melihat aurora.

Selain harus saat musim dingin, ada bebeapa situasi alam yang dibutuhkan, seperti tidak hujan salju, tidak berawan, dan bebas polusi. "Malah kadang pengunjung itu melihat aurora bukan saat hunting, tapi saat sedang di perjalanan saja ya," terang Hellen.

Jika penasaran, pengunjung dapat mencari info lebih jauh perihal wisata ini di World of Panorama (WoP) 2015 di Atrium Utama, Plaza Senayan, Jakarta. WoP 2015 akan diselenggaran selama tiga hari, tanggal 17-20 September 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com