Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akar Wangi hingga Jaket Kulit, Aneka Oleh-oleh Kerajinan dari Garut

Kompas.com - 19/09/2015, 13:52 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Setelah berwisata ke Garut, Jawa Barat, jangan lupa membelikan aneka cendera mata untuk keluarga dan rekan-rekan terdekat. Terdapat berbagai pilihan oleh-oleh seperti kerajinan kulit hewan, kerajinan akar wangi, dan dodol khas Garut yang dapat Anda beli.

Pilihan pertama yang dapat Anda beli adalah batik khas garutan. Jika ingin membeli, Anda dapat menuju Toko Rasya Batik Garutan yang berada di Jalan Otto Iskandardinata, Komplek PLN No 1 (sebelah Bank BRI Paseban). Di toko ini tersedia pilihan batik dengan motif khas Garut.

Batik yang ditawarkan di Toko Rasya memiliki warna-warna cerah asli batik Garut seperti warna merah marun, krem, biru tua, hijau dan merah bata. Pilihan batik tersedia dua jenis yaitu batik tulis dan cap. Harga batik cap dan tulis yang ditawarkan di Toko Rasya berkisar dari Rp 80.000 hingga Rp 4.000.000. Toko ini buka mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

Pilihan oleh-oleh kedua adalah barang-barang berbahan dasar kulit domba, sapi, dan kambing. Anda dapat menemukan aneka ragam barang seperti jaket, dompet, tas, dan ikat pinggang di sepanjang Jalan Ahmad Yani Sukaregang, Garut Kota.

Salah satu toko yang menjual aneka barang berbahan dasar kulit adalah Ghazi Original Leather. Untuk harga jaket kulit berkisar dari Rp 750.000 - Rp 1.500.000, lalu harga tas berkisar Rp 150.000 - Rp 400.000, ikat pinggang Rp 100.000 - Rp 150.000, dan dompet mulai dari Rp 80.000 - Rp250.000.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Seorang penjual tengah mrnjelaskan produk berupa jaket berbahan dasar kulit kepada wisatawan di salah satu toko di kawasan Sentra Kulit Sukaregang, Kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/9/2015).
Garut terkenal dengan penghasil tumbuhan akar wangi yang dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan dan juga minyak wangi. Anda dapat membeli kerajinan dari akar wangi di Zocha Graha Kriya yang berlokasi di Jalan Pakuwon, Kelurahan Pakuwon. Anda bisa membeli aneka gantungan kunci, boneka, tutup dan alas gelas, bantal, taplak meja, kap lampu, tas, sampai bed cover. Harganya mulai dari Rp 5.000 untuk gantungan kunci dan Rp 4.500.000 untuk bed cover.

Hal menarik dari kerajinan akar wangi Garut dibandingkan dengan di Yogyakarta adalah penggunaan akar wangi, batik dan lukisan di produk seperti sajadah. Di pusat kerajinan akar wangi Garut, sajadah dikombinasikan dengan batik garutan. Toko Zocha Griya Kriya buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com