Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parigi Moutong Siap Jadi Destinasi Wisata

Kompas.com - 19/09/2015, 18:14 WIB
PARIGI, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menilai Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sudah siap untuk menjadi daerah tujuan wisata baru yang unggul setelah Sail Tomini 2015.

"Saya tadi naik helikopter dari Palu ke Parigi ini, dari atas sana saya menyaksikan laut Teluk Tomini ini sangat indah," katanya sebelum meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sehat Baznas di lokasi puncak acara Sail Tomini di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, Jumat (18/9/2015) petang.

Setelah turun ke darat, menurut Puan, yang juga penanggung jawab Sail Tomini 2015 itu, melihat masyarakat ramah tamah dan murah senyum.

Ini menandakan bahwa masyarakat Parigi Moutong sudah siap menyambut warga lain dari luar kabupaten atau luar provinsi bahkan luar negeri yang datang menikmati keindahan daerah ini. "Sikap ramah tamah dan senyum ini tolong dipelihara karena ini adalah modal untuk menjadi daerah tujuan wisata yang disukai orang di masa mendatang," ujarnya.

Puan optimistis Parigi Moutong akan menjadi daerah tujuan wisata baru Indonesia karena lewat Sail Tomini, Parigi Moutong dikenal luas di nusantara dan dunia.

Kepada wartawan usai acara tersebut Puan Maharani mengatakan setelah Sail Tomini berakhir, ia akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui apakah Sail Tomini memiliki manfaat bagi daerah dan masyarakat secara jangka panjang.

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Keindahan panorama Teluk Tomini dilihat dari Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (21/8/2014). Keindahan alam itu sayangnya belum digarap secara maksimal oleh pemerintah daerah setempat, misalnya sebagai obyek wisata.
Namun Puan yakin bahwa Sail Indonesia yang ketujuh ini akan memiliki dampak ekonomi dan kesejahteraan yang cukup luas antara lain karena menggeliatnya pembangunan di berbagai sektor memanfaatkan kucuran dana dari APBN dan APBD berbagai kementerian dan lembaga negara.

Sebelum meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sehat Baznas, Puan Maharani bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menpora Imam Nahrawi meresmikan tugu khatulistiwa yang disebut Parigi Moutong Khatulistiwa (PMK) yang dibangun dengan dana sekitar Rp 1 miliar bantuan Bank BNI dan Bank Sulteng.

Tugu ini terletak di atas bukit dengan ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut dan di kaki bukit itu terletak lokasi acara puncak Sail Tomini di Pantai Kayubura, sehingga pemandangan dari atas bukti itu ke arah laut lepas Teluk Tomini dianggap kebanyakan orang sebagai sangat indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com