Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Baluran sampai Pulau Poda, Wisata Harga "Backpack" di WoP

Kompas.com - 20/09/2015, 11:17 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, wisata 'backpack' menjadi pilihan yang menyenangkan. Salah satu faktor utama ialah biaya yang sangat murah. Namun untuk melakukan ini, diperlukan persiapan dan perencanaan yang baik agar sebagian besar hal terukur. Banyak yang malas atau sekadar tidak bisa melakukan persiapan dan perencanaan ini.

Belakangan tawaran wisata kelas 'backpack' muncul. Salah yang menawarkan ialah situs web paket wisata travelicious.com. Tak hanya menawarkan harga 'backpack', tapi destinasi yang diberikan juga merupakan destinasi yang jarang terdengar.

"Kita memang ambil konsep wisata backpack ya. Jadi destinasinya ya yang baru atau asing lah," ujar Business Development Assistant Manager Travelicious.com, Gerry Tanamas di World of Panorama (WoP) -Travel Shiok!, Atrium Utam, Plaza Senayan, Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Menurut Gerry, secara garis besar program yang diberikan mirip dengan konsep 'backpack', misalnya saja penginapan yang digunakan berbentuk home stay atau camping. Kemudian sarana transportasi yang digunakan juga kereta ekonomi. Sebagian besar tur yang ditawarkan melibatkan pemandu lokal di tempat yang bersangkutan.

Sementara untuk destinasi, Gerry menjelaskan pihaknya memfokuskan wisata domestik. Adapun beberapa wisata internasional hanya berada di wilayah Asia Tenggara. "Kita fokus ke domestik dulu ya, kita maksimalkan juga guide lokalnya," terang Gerry.

BARRY KUSUMA Burung Merak di Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (2/5/2014).
Salah satu destinasi yang menarik ialah paket Kawah Ijen dan Baluran. Untuk 4 hari 2 malam, pengunjung akan dikenakan harga Rp 1.200.000. Harga sudah termasuk tiket kereta dan home stay. Aktivitasnya akan banyak bersifat outing atau di alam, seperti hiking atau ke pantai.

Ada juga paket wisata Green Canyon. Satu orang dikenakan biaya Rp 600.000. Biaya sudah termasuk akomodasi untuk 3 hari 2 malam. Selain body rafting di Green Canyon, pengunjung dapat menikmati sunset dan sunrise di pantai Batu Karas. Salah satu yang unik juga ialah wisata Baduy.

Dengan Rp 185.000, pengunjung akan menginap di Baduy selama 2 hari 1 malam. Peserta juga akan diajak hingga ke Baduy Dalam. Hanya saja untuk paket ini, peserta harus membawa beras 2 liter sebagai seserahan agar dapat masuk. Biaya juga sudah termasuk pengurusan izin masuk Baduy Dalam.

Atau ada paket-paket satu hari, seperti berkunjung ke Gunung Padang, Bandung, Bandung Selatan, bahkan wilayah Kepulauan Seribu. Rata-rata paket ini dapat diambil dengan biaya Rp 100.000 hingga Rp 200.000 tidak termasuk makan.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Wisatawan menggunakan perahu mengunjungi obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.
Menurut Gerry, beberapa destinasi favorit sejauh ini adalah Green Canyon, Ujung Kulon, Ujung Genteng, Malang Bromo, dan Kawah Ijen dan Baluran. Rata-rata paket ini berdurasi 3 hari 2 malam dengan harga Rp 600.000 - Rp 1.000.000. Untuk destinasi luar negeri, pengunjung dapat memilih wisata ke beberapa pulau yang cukup asing seperti Pulau Poda atau Pulau Hua Hin di Thailand.

Di Pulau Poda ada 'blue pool', sejenis air sungai alami yang sangat terlihat biru. Atau mengunjungi Santorini Park di Hua Hin. Tempat ini merupakan taman dengan nuansa seperti di wilayah Santorini, Yunani.

Bagi pengunjung yang melakukan transaksi di WoP, akan mendapat voucher senilai Rp 50.000, kesempatan mengikuti undian berhadiah tiket pesawat PP Indonesia-Singapura. Kemudian ada juga tawaran khusus satu hari ke Pulau Onrust, Cipir, dan Kelor di wilayah Kepulauan Seribu senilai Rp 59.000. "Tapi tawaran ini hanya untuk 50 orang yang beli di sini (WoP) dan sudah habis," tambah Gerry. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com