Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Surfing di Pulau Merah Banyuwangi Diikuti 20 Negara

Kompas.com - 25/09/2015, 09:24 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Peselancar dari 20 negara kembali mengikuti International Surfing Competition, di Pantai Pulau Merah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 25-27 September 2015. Mereka antara lain berasal Venezuela, Swiss, Jerman, Amerika Serikat, Korea, Hungaria, Perancis, Thailand, dan Indonesia.

Puluhan peselancar ini akan akan beradu dalam 7 kategori lomba. Lomba ini merupakan tahun keempat gelaran International Surfing Competition yang rutin digelar di Pantai Pulau Merah yang memiliki bibir pantai sekitar 400 meter.

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi kepada KompasTravel, Rabu (23/9/2015), menjelaskan kompetisi ini untuk menjadikan Pulau Merah sebagai surfer point yang layak untuk ditampilkan di kancah nasional maupun internasional.

“Pulau Merah punya tipe ombak seperti Pantai Kuta, tapi sedikit lebih besar. Di bawah gelombangnya pun adalah pasir, bukan karang seperti di G-Land, sehingga relatif lebih aman. Namun tak kalah menantang untuk dijajal para peselancar. Karena itu, Pulau Merah mulai dikenal sebagai surfer point yang layak,” ujar Wawan.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Peserta Pulau Merah Banyuwangi International Surfing Competition 2014 sedang beraksi, Jumat (23/5/2014).
Selain Pulau merah, Banyuwangi juga memiliki pantai Plengkung yang lebih dulu dikenal sebagai lokasi surfing. Plengkung, yang lebih dikenal dengan G-Land mempunyai karakteristik ombak yang lebih tinggi dibanding Pulau Merah.

"Kalau G-Land lebih pas untuk para peselancar profesional, karena ombak Kingkong-nya yang menantang. Sementara Pulau Merah, dengan ombaknya yang lebih landai diperuntukkan bagi surf school," jelas Wawan.

Rencananya agenda yang masuk dalam Banyuwangi Festival 2015 akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com