Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Ragam Makanan Khas Banjar, Mau Coba?

Kompas.com - 26/09/2015, 09:38 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com – Lebih dari 200 jenis kuliner khas nusantara tersaji dalam Festival Kuliner Bekasi (FKB) 2015 di Summarecon Mall Bekasi. Dari 200 jenis tersebut, ada tiga makanan khas Banjar, Kalimantan Selatan yang dapat dinikmati: es kelapa banjar, nasi kuning banjar, dan soto banjar.

Masuk dalam daftar soto enak di Indonesia, soto banjar merupakan perpaduan dari lontong, bihun, dan ayam suir. Kuah soto merupakan kuah bening yang terdiri dari rempah seperti pala, cengkeh, dan kayu manis. Seringnya soto ini disajikan dengan telur ayam.

Pesan satu soto banjar yang tersedia di FKB 2015. Dengan harga Rp 32.000 pengunjung akan mendapat satu porsi soto dengan tambahan telur bebek dan perkedel. “Kami di sini pakai telur bebek agar lebih khas,” ujar penjaga Stan Soto Banjar di FKB 2015, Kamis (24/9/2015).

Kuahnya tak begitu kental terasa. Rasa asin dan aroma rempah terasa cukup dominan. Meski menggunakan telur bebek, aromanya tak mengganggu hidangan soto. Jika ingin aroma lebih netral, pengunjung dapat menambah sediki perasan jeruk nipis yang disediakan.

Berbeda dengan soto banjar yang dominan asin dan asam, nasi kuning banjar memiliki rasa agak manis. Sepintas tak ada yang istimewa, nasi kuning disajikan dengan sambal, dan orek tempe. Namun di balik sambal ternyata ada ikan Iwak atau gabus.

KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Festival Kuliner Bekasi (FKB) 2015 mengangkat tema 'Kampung Banjar'. FKB berlangsung 23 September – 18 Oktober 2015 di Summarecon Mall Bekasi.
Rasa sambal dan ikannya cenderung manis dan tidak pedas. Padahal warna sambal sudah begitu merah. Rasa manis nasi kuning ternyata berasal dari gula merah yang menjadi salah satu bumbu utamanya.

Setelah mencicipi kedua sajian ini, pengunjung dapat menutup dengan es kelapa banjar. Pengunjung dapat menikmati air dan daging kelapa langsung dari buahnya.

Meski memiliki iming-iming ‘Banjar’, kelapa yang digunakan tak berbeda. Hanya saja, pada air kelapa ditambah sirup merah.

Festival Kuliner Bekasi 2015 pada 23 September – 18 Oktober. Acara ini diadakan di depan area Downtown, Summarecon Mall Bekasi. Tahun ini menjadi tahun ketiga acara serupa diadakan, setelah sebelumnya mengangkat tema Kampung Sampireun dan Kampung Wong Kito. Selain makan, pengunjung dapat mengikuti beragam kegiatan menarik seperti bermain layang-layang atau mengikuti lomba foto melalui Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com