Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Kebakaran, Gunung Gede dan Pangrango Masih Ditutup untuk Pendakian

Kompas.com - 28/09/2015, 21:17 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pendakian ke Gunung Gede dan Pangrango masih ditutup pasca kebakaran di Lembah Suryakencana. Belum ada kepastian pembukaan pendakian gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Jawa Barat.

"Belum ada pembukaan (pendakian gunung). Nunggu hujan minimal 2 kali seminggu baru aman," kata Kasi Wilayah 1 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Ardi Andono dalam pesan Whatsapp kepada KompasTravel, Senin (28/9/2015).

Untuk perkiraan lebih lanjut waktu pembukaan pendakian ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Ardi belum dapat memberikan kepastian. "Gak tahu (kapan pembukaan pendakian ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango)," ungkapnya.

Dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (28/9/2015), Alun-Alun Suryakencana yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengalami kebakaran rumput yang diperkirakan seluas 5 hektar. Kejadian kebakaran di Lembah Suryakencana diklaim terjadi pada hari Minggu (27/9/2015).

"Kebakaran ini diketahui berdasarkan patroli rutin petugas TNGGP pada hari Minggu tanggal 27 September 2015 pada pukul 10.00 WIB," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Herry Subagiadi dalam siaran pers.

Dikutip dari laman resmi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, berdasarkan Surat Edaran Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango no SE.1354/IV-11/BT-4/2015 tentang Perpanjangan Penutupan Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, penutupan kegiatan pendakian Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango akan sampai waktu yang belum ditentukan tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

Penutupan kawasan taman nasional dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem, perbaikan sarana prasarana pendakian, perbaikan manajemen pelayanan dan sistem booking online, dan pengkajian ulang daya dukung kawasan (kuota) kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu taman nasional yang berlokasi dekat dengan Jakarta. Di taman nasional ini, pengunjung dapat mendaki dua gunung yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com