Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraksi Wisata Baru Jembatan Kaca Setinggi 180 Meter, Berani?

Kompas.com - 29/09/2015, 11:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

Sumber CNN Travel
KOMPAS.com - Sebuah jembatan kaca di Provinsi Hunan, China yang dibangun dengan tinggi 180 meter telah selesai. Jembatan ini diberi nama Haohan Qiao atau dalam bahasa Inggris berarti "Brave Men's Bridge".

Haohan Qiao merupakan seri atraksi wisata terbaru jembatan dengan lantai berbahan kaca yang dibuka di China dan seluruh dunia. Walaupun terlihat menyeramkan, sang pembuat mengatakan jika jembatan di Taman Nasional Geologi Shiniuzhai benar-benar aman untuk dilewati.

Setiap panel kaca untuk jembatan memiliki tebal 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat dari kaca biasa.

"Jembatan yang kami buat akan tetap berdiri walaupun wisatawan melompat-lompat di atas jembatan kaca," kata seorang pekerja jembatan kaca kepada China News Service seperti dikutip dari CNN Travel.

"Rangka baja yang digunakan untuk mendukung dan membungkus jembatan kaca juga sangat kuat dan dibangun sangat padat sehingga jika kaca pecah, wisatawan tidak akan jatuh," lanjutnya.

Haohan Qiao pada awalnya adalah jembatan kayu sebelum pihak pengelola melakukan eksperimen dengan mengganti sebagian kecil bagian jembatan dengan kayu pada tahun 2014. Hal tersebut ditambah dengan keputusan meningkatkan sensasi dengan mengganti seluruh bagian jembatan pada awal tahun 2015 sehingga menjadi jembatan kaca pertama di China.

Jembatan kaca lain di Provinsi Hunan akan diresmikan akhir tahun di daerah Zhangjiajie Grand Canyon sekitar 300 kilometer barat laut dari Shiniuzhai. Ketika selesai, struktur jembatan di Zhanjiajie akan menjadi yang tertinggi dan terpanjang di dunia dengan panjang 430 meter dan tinggi 300 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com