Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Tarik Tambang Perahu pada Festival Salo Karajae

Kompas.com - 29/09/2015, 13:05 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Tarik tambang antar-orang mungkin terdengar biasa. Namun, bagaimana dengan tarik tambang perahu? Nyatanya, adu ketangkasan ini benar-benar ada. Tarik tambang perahu adalah olahraga ketangkasan air di atas perahu. Bagai mendayung, dua peserta saling bekerja sama menggunakan tambang sebagai penggeraknya.

Olahraga Tarik Tambang Perahu adalah salah satu ajang yang diperlombakan pada Festival Salo Karajae, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

"Lomba tarik tambang perahu diciptakan sendiri oleh masyarakat Sumpang Minangae. Tarik tambang perahu ini adalah lomba ketangkasan di atas perahu menggunakan tambang," kata Andi Erwin Pallawarukka, Camat Bacukiki Barat, Selasa (29/9/2015).

Jarak antara garis start ke finis sekitar 300 meter. Pemenangnya adalah yang tercepat sampai di titik finis. Lomba tarik tambang perahu ini sudah kerap dipertandingkan dalam Festival Salo Karajae.

Tak main-main, pihak panitia menyiapkan hadiah berupa piala dan uang jutaan rupiah. Pesertanya dari berbagai daerah di sekitar Kota Parepare. Walau satu perahu, dua orang dalam satu tim tidak saling mengenal. Tujuannya untuk mempererat hubungan. Sebab, tarik tambang perahu mencerminkan sifat gotong royong orang Indonesia.

"Tujuan lomba tarik tambang perahu ini dimaksudkan untuk saling kerja sama dan menjalin silaturahim antar-peserta," ungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Ramadhan Umasangaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com