Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkuak! Ini Rahasia Sukses Menjadi "Travel Bloggers"

Kompas.com - 29/09/2015, 15:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

Sumber CNN Travel
KOMPAS.com - Berwisata keliling dunia, menulis kisah perjalanan, dan para sponsor akan berlomba-lomba memasang iklan di blog, kemudian memberikan Anda uang tunai untuk bekal gaya hidup. Hal tersebut terdengar seperti pekerjaan impian, bukan?

CEO dari Jaringan Travel Blogger Ambassador dan perintis travel blog Velvet Escape, Keith Jenkins mengatakan 50 blogger teratas di dunia memiliki kombinasi pembaca lebih dari 10 juta orang.

Menurut laporan terbaru Travel Trends Report yang dirilis di ITB Berlin, konvensi pariwisata terbesar di dunia, 92 persen pengguna media sosial dipengaruhi oleh travel blog dan hingga 72 persen bersedia untuk mengubah destinasi wisata mereka berdasarkan opini dari teman dan jaringan di media sosial.

Lalu, bagaimana Anda melakukan hobi berwisata dan mengubahnya menjadi pekerjaan yang layak? Berikut tips dari travel bloggers sukses di seluruh dunia dikutip dari CNN Travel.

Blog untuk alasan yang tepat

Banyak orang berpikir menulis kisah perjalanan di blog adalah sebagai cara yang tepat untuk melihat dunia dan menghasilkan uang ketika berwisata. Namun keinginan untuk berhasil harus datang dari hati yang paling dalam.

"Memiliki visi yang jelas darimana bisnis Anda inginkan terjadi di masa depan," kata Caz dan Craig Makepeace dari Y Travel Blog.

"Kemas (visi) ke dalam keputusan, konten yang dibuat, dan pengalaman yang Anda berikan kepada pembaca," lanjut Caz dan Craig.

Dengan kata lain, mulailah menulis kisah perjalanan di blog dengan alasan yang tepat. Menulis blog lebih dari sekadar berwisata gratis dan tidak berkelanjutan.

"Tulislah pengalaman perjalanan atau berilah tips-tips berwisata, Anda harus menulis dari hati dan membangun reputasi yang kredibel," kata Pinoy dari Adventurista.

Ia mengatakan setelah melakukan hal tersebut, para blogger akan mendapat pembaca setia dan mengikuti setiap perjalanan yang dilakukan.

Miliki target pembaca

Misalnya di satu hari blogger menulis tentang hotel mewah di Thailand, di kemudian hari menulis tentang kedai murah di Berlin. Hal itu akan membingungkan pembaca blog Anda.

THINKSTOCKPHOTOS Aktivitas blogger.
Ketika fokus terhadap tulisan yang dibuat, Anda akan menjadi ahli pada jenis perjalanan atau subyek dan memiliki target pembaca. "Itu menjadi penting untuk memiliki sudut pandang yang unik karena Anda perlu cara untuk bersaing dengan ribuan blogger lain," kata James Feess dari blog The Savvy Backpacker.

"Secara umum, kebanyakan blogger sukses menulis tentang satu subyek misalnya perjalanan solo wanita, wisata keluarga, perjalanan mewah, wisata fashion, rincian biaya ke Eropa, wisata dewasa. Itulah cara terbaik untuk mendapatkan pembaca," ungkapnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com