Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leeteuk dan Kang-In '"Suju" Buka Korea Festival 2015

Kompas.com - 01/10/2015, 16:03 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Jam berapa Leeteuk lahir?" tantang pembawa acara pada ratusan remaja yang berdesakan di pagar pembatas masuk panggung utama Korea Festival. Ada saja yang menjawab, entah asal jawab atau memang tepat. Pembawa acara juga tak tahu jawaban, hanya asal tanya.

Ratusan orang remaja ini sudah memadati pagar sejak pukul 10.00 pagi, Kamis (1/10/2015) tepat saat Lotte Shopping Avenue, Jakarta baru buka. Sedang dalam jadwal, pembukaan baru dimulai pukul 12.00 siang. Tujuan mereka hanya satu: melihat Leeteuk dan Kang-In, idola mereka.

"Apa album ketiga SUJU?" pancing pembawa acara lagi. Ratusan tangan terangkat, semua berteriak entah menjawab pertanyaan atau sekadar histeris mendengar kata "SUJU" disebut-sebut. Pengunjung memenuhi tiga lantai mal, semua meilhat ke bawah menunggu SUJU. Remaja-remaja ini bahkan tahu penerbit album SUJU.

Saat Duta Besar Korea untuk Indonesia, Cho Tai Young duduk usai berfoto bersama, tiba-tiba teriakan menguat. Iring-iringan pengawal berjalan memasuki area panggung menjaga dua orang: Leeteuk dan Kang-In.

Suara dari pengeras suara sudah tak bisa terdengar, beberapa orang di dalam menutup telinga, tak sanggup mendengar kerasnya teriakan histeris ratusan orang. Saat kamera menampilkan wajah Leeteuk di layar, teriakan semakin membahana. Sekali kedip sebelah mata, teriakan makin menjadi-jadi. Apa saja yang dilakukan kedua orang ini disambut teriak histeris.

Sambutan Cho Tai Young dan CEO Korea Creative Content Agency (KOCCA) Song Sung Gak sudah tak terdengar. Sang penerjemah tampak megap-megap, berusaha keras mendengar apa yang dikatakan kedua pemberi sambutan ini sambil harus menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia. Sudah begitu, hasil terjemahannya pun tak terdengar.

"Saya agak iri dengan mereka (Leeteuk dan Kang-In), seumur hidup baru satu kali saya dapat sambutan seperti itu," kata Cho Tai Young dalam bahasa Korea.

Kompas.com/Jonathan Adrian Leeteuk menampilkan ekspresi 'konyol' saat menanti giliran maju ke panggung dalam pembukaan Korea Festival 2015, Kamis (1/10/2015) di Lotte Shopping Avenue.
Maka dipanggilah keduanya ke atas panggung. Teriakan yang sedari tadi membahana mulai turun, semua ingin mendengar yang dikatakan kedua idola ini. Keduanya senyum, memegang selembar kertas 'contekan' sambil menunggu mic datang.

"Selamat siang," buka Kang-In dengan bahasa Indonesia. Salam ini disambut ramai oleh penonton.

"Aku cinta Indonesia," tambah Kang-In memperkuat teriakan penonton.

Tak mau kalah, giliran Leeteuk berbahasa Indonesia. Ia menurunkan sedikit kartu 'contekannya', mulutnya agak komat-kamit berlatih sedikit. Leeteuk mendekatkan mikrofon ke mulut.

"Selamat siang, saya cinta Indonesia, saya suka wanita Indonesia, Assalamualaikum," ucapnya disambut teriak histeris.

Pembawa acara mulai tanya-jawab dengan dua personil SUJU ini, didampingi dengan penerjemah yang tadi. Sambil berbicara dengan Kang-In, sebuah kamera menyorot wajah Leeteuk dan menampilkannya, teriakan kembali menjadi-jadi. Tak henti-hentinya teriakan menyeruak di penjuru Lotte Shopping Avenue.

"Terima kasih, momen yang tepat kami di sini karena kami juga merupakan brand ambassador Lotte," jelasnya menerjemahkan Kang-In.

Acara diakhiri dengan menggunting pita. Masih belum habis keisengan dua personil SUJU ini. Saat sarung tangan dibagikan, Kang-In mengangkat kedua tangannya seperti sedang periksa kuku, pertanda minta dipakaikan sarung tangan. Tingkahnya disambut tawa.

Korea Festival 2015 adalah perhelatan pameran budaya Korea. Berbagai produk dari seni hingga game Korea dapat ditemukan di sini. Acara berlangsung dari 1-4 Oktober 2015. Selama acara juga pengunjung dapat membawa poster SUJU dan berbagai hadiah gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com