Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disbudpar Jatim Gunakan SMS untuk Menarik Wisman

Kompas.com - 02/10/2015, 16:32 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur berinovasi dengan cara mengirim pesan singkat atau SMS otomatis ke seluruh ponsel milik wisatawan mancanegara (wisman).

"Mulai 1 Oktober 2015, setiap pengunjung dari luar negeri yang tiba di Bandara Juanda maka otomatis mendapat kiriman sms," ujar Kepala Disbudpar Jatim, Jarianto kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Selain menambah daftar kunjungan, layanan ini diberikan untuk mempermudah wisman yang berniat berwisata atau sekadar jalan-jalan di Jawa Timur untuk mencari informasi.

Pihaknya bekerja sama dengan seluruh layanan operator, sehingga pengunjung yang menggunakan nomor operator apapun bisa terkirimi pesan singkat yang berisi ucapan selamat datang dan petunjuk tempat wisata.

KOMPAS/SIWI YUNITA CAHYANINGRUM Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur, kini menjadi tujuan wisata surfing baru. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memperkenalkan pantai tersebut lewat kompetisi surfing internasional, Jumat (23/5/2014).
"Isinya tentang destinasi wisata di Jatim. Kami harap ini dapat membantu wisatawan asing yang datang, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Jatim," ucapnya.

Tidak hanya wisman yang mendapat pesan singkat tersebut, namun bagi penjemput tamu dari luar negeri juga secara otomatis mendapatkannya saat berada sekitar di Bandara Juanda.

Sementara itu, berdasarkan data Disbudpar Jatim, saat ini tingkat kunjungan wisman ke destinasi wisata Jatim sekitar 463.000 orang dan diharapkan bisa menembus angka hingga 500.000 pengunjung pada akhir 2015.

Mayoritas, lanjut Jarianto, wisata alam menjadi lokasi yang paling dicari wisman, seperti Gunung Bromo dan sejumlah wisata bahari di Banyuwangi.

SURYA/MUJIB ANWAR Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Nina Soekarwo menabur bunga saat berziarah ke makam KH Abdurrachman Wahid di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Selasa (27/8/2013).
Sedangkan, jumlah wisatawan domestik ke Jatim didominasi kunjungan ke wisata religius, seperti makam lima wali (Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Sunan Drajat di Lamongan, Sunan Bonang di Tuban).

"Ada dua kawasan wisata religius lagi yang sangat ramai dikunjungi, yaitu Makam Proklamator Bung Karno di Blitar dan Makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jombang," tuturnya.

Dari segi jumlah, wisatawan nusantara yang mengunjungi tempat pariwisata di Jatim hingga awal bulan ini menembus hingga 45 juta orang, dan diharapkan mencapai 49 juta hingga akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com