Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Pariwisata Harus Menyejahterakan

Kompas.com - 04/10/2015, 09:47 WIB
KLUNGKUNG, KOMPAS - Pengembangan kepariwisataan sejatinya harus melestarikan potensi pariwisata yang dimiliki daerah tujuan wisata. Pengembangan kepariwisataan, yang melestarikan, akan menyejahterakan masyarakat.

”Semakin dilestarikan, semakin menyejahterakan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara pembukaan Festival Nusa Penida 2015 di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, Jumat (2/10/2015).

Arief juga mengatakan, penyelenggaraan festival untuk mempromosikan potensi pariwisata di daerah seharusnya diikuti pengembangan destinasi wisata di daerah tersebut. ”Produk yang bagus, dengan branding yang bagus, memang harus dipromosikan,” ujarnya.

Festival Nusa Penida 2015 mengangkat tema bahari dengan tajuk ”Enjoy the Blue Paradise”. Festival akan berlangsung hingga Minggu (4/10/2015). Selain menampilkan atraksi kesenian, festival ini juga diramaikan sejumlah acara, seperti tur snorkeling di perairan Nusa Penida pada Sabtu dan Minggu (3-4/10/2015), tur bersepeda di Lembongan, dan transplantasi terumbu karang di Pantai Jungutbatu pada Minggu.

Pembukaan festival kemarin disemarakkan oleh pementasan beberapa kesenian tradisional, antara lain pergelaran tari Sekar Jagat, gamelan dan tari Adi Merdangga, tari Sanghyang Dedari, tari Sanghyang Jaran, dan tari Jangkang.

Pembukaan festival juga dihadiri Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, anggota Komisi X DPR dari Bali, Ida Bagus Putu Sukarta, serta sejumlah pejabat di Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengatakan, Nusa Penida menjadi salah satu kawasan strategis pariwisata nasional dan kawasan konservasi perairan. Gugusan Pulau Nusa Penida termasuk kawasan segitiga karang dunia. Festival ini bertujuan menjadikan Nusa Penida sebagai daerah tujuan wisata khusus. ”Festival ini menjadi strategi untuk branding pariwisata Klungkung,” kata Suwirta.

Sudikerta yang mewakili Gubernur Bali berharap penyelenggaraan festival dilakukan secara rutin agar menambah kunjungan wisatawan ke Bali.

Penyelenggaraan Festival Nusa Penida mengundang perhatian wisatawan yang berlibur di Lembongan. Megan, wisatawan dari Amerika Serikat, misalnya, mengatakan tertarik dengan keramaian di lokasi festival. ”Acaranya menarik, juga banyak atraksi kesenian hari ini,” ujar Megan. (COK) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com