Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata di Jejak Sejarah Koningsplein

Kompas.com - 04/10/2015, 14:33 WIB
PUSAT Kota Jakarta tak hanya ramai dituju orang saat hari kerja. Sebagai kawasan yang punya banyak bangunan bersejarah, lokasi di sekitar Tugu Monumen Nasional ini menarik sebagai tempat tujuan wisata. Yuk, jalan-jalan ke Koningsplein!

Koningsplein beken pada awal abad ke-19 untuk menyebut kawasan yang sekarang merupakan kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Koningsplein berada di pinggiran Kota Batavia zaman dulu.

Banyak rumah tinggal berikut lapangan yang luas di lokasi ini. Sejarawan Adolf Heuken mencatat, sampai akhir abad ke-19, rumah tinggal elite masih mendominasi kawasan ini ketimbang gedung perkantoran.

Salah satu jejak rumah elite itu yang bisa menjadi tempat tujuan wisata adalah Balai Kota Jakarta. Kantor Gubernur DKI Jakarta ini merupakan bekas rumah sekaligus kantor bagi Residen van West Java atau kira-kira setingkat gubernur saat ini.

Bangunan gaya klasisisme dengan unsur gaya pesisir masih lestari di Balai Kota Jakarta. Pilar-pilar besar dan ruangan yang tinggi menjadi ciri khas bangunan era kolonial tersebut.

Sebelum beranjak masuk ke dalam bangunan, sempatkan duduk-duduk di pendapa Balai Kota. Di hari kerja, pendapa ini menjadi tempat tunggu para tamu gubernur. Namun, di akhir pekan, pendapa ini dibuka untuk umum sebagai lokasi wisata.

KOMPAS/PRIYOMBODO Pengunjung remaja berfoto selfie di salah satu ruangan di kompleks Balai Kota DKI Jakarta di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/9/2015). Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama resmi membuka Kompleks Balai Kota Jakarta sebagai obyek kunjungan publik setiap Sabtu dan Minggu.
Pengunjung bisa beristirahat sejenak sembari memandang Tugu Monumen Nasional (Monas) yang menjulang di depannya. Pemandangan disejukkan dengan kolam dan air mancur yang ada di taman Balai Kota.

Ruangan selanjutnya berupa ruang tunggu tamu dinas Gubernur. Terdapat sejumlah meja-kursi. Ada pula cermin besar yang dipasang di salah satu dinding. Setelah ruang tunggu tamu, ada pintu besar yang mengarah ke ruang kerja Gubernur. Namun, ruang kerja ini tak bisa dimasuki wisatawan.

Di samping ruang kerja, ada ruang tamu. Sesuai namanya, ruangan ini menjadi tempat gubernur menemui tamu-tamunya. Setelah itu, ada ruang yang diisi foto-foto para Gubernur DKI Jakarta dari masa ke masa.

Sebuah ruangan besar bernama balairung ada di tengah bangunan ini. Sejumlah kegiatan dan konferensi pers kerap digelar di ruangan itu. Foto-foto kegiatan pembangunan juga dipampang di ruangan ini.

Balairung merupakan batas bangunan lawas. Tangga menuju Balai Agung merupakan tambahan. Balai Agung berfungsi menjadi tempat pertemuan dan kegiatan pemerintahan.

Bioskop

Sejak dua pekan terakhir, Balai Agung difungsikan juga sebagai ”bioskop”. Akhir pekan ini, pengunjung akan dihibur dengan film Get Married.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (17/7/2014). Monumen peringatan setinggi 132 meter ini didirikan pada 1951 dan diresmikan pada 1961. Setiap hari libur, Monas kerap dikunjungi banyak wisatawan.
Kepala Bidang Bangunan dan Taman Biro Umum DKI Jakarta Mart Achmad menuturkan, pemutaran film itu merupakan kerja sama Pemprov DKI dengan Cinema 21. ”Film yang ditayangkan bergantung pada film yang mereka pilihkan. Kami hanya memutarkan. Kami sudah usulkan agar film yang diputar bisa untuk semua umur,” katanya.

Film mulai diputar pukul 13.00 sampai selesai. Setiap Sabtu dan Minggu dalam satu pekan diadakan satu kali pemutaran dengan film yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com