Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemegahan Pentas Musikal Berusia 50 Tahun

Kompas.com - 06/10/2015, 19:02 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketujuh anak Captain Georg Von Trapp masuk rumah diiringi bunyi peluit. Mereka berbaris rapih saat Maria perlahan datang mengajak mereka bernyanyi.

“Lagu apa yang kalian tahu?” ajaknya.

Ketujuh anak ini tak mengetahui satu lagu pun. Maka Maria mulai mengambil gitar dan memperkenalkan hal paling dasar dari sebuah lagu: nada.

“Jika membaca kita mulai dari A-B-C, dalam bernyanyi kita mulai dengan Do-Re-Mi,” terang Maria pada anak-anak keluarga Von Trapp.

Maria mulai memetik gitarnya, satu nada, dua nada, hingga jadi sebuah iringan manis. Lalu musik pengiring secara halus perlahan masuk. Jadilah alunan musik yang megah dan meriah. Mereka semua kemudian mulai menyanyikan lagu “Do-Re-Mi” bersama diselingi dialog-dialog menggemaskan antar Maria dan anak-anak.

Itu adalah cuplikan pembuka dari Drama Musikal Andrew Lloyd dan David Ian dan The Really Usefull Group “The Sound of Music” yang akan diadakan di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta. Pentas drama musikal ini mulai bisa dinikmati pertunjukannya pada Selasa (6/10/2015).

Kisah "The Sound of Music" menceritakan tentang Maria, seorang biarawati yang mengubah hidup keluarga duda Captain Von Trapp. Kisah ini diambil dari buku berjudul "The Von Trapp Family Singers" yang ditulis Maria Von Trapp, yang menceritakan kisah hidupnya sendiri.

Tahun 1959 kisah ini diangkat dalam pementasan drama musikal dengan judul "The Sound of Music". Musik oleh Richard Rodgers sementara lirik diolah Oscar Hammerstein II, sementara buku untuk drama ini ditulis oleh Howard Lindsay dan Russel Crouse.

Tahun ini, sudah lebih dari 50 tahun The Sound of Music ditampilkan di dunia. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi Anrew Lloyd, David Ian, dan The Really Useful Group dan kawan-kawan.

Dalam pementasan ini, David Ian, sang produser mengajak dua orang Indonesia untuk turut bermain, yakni Ai Kumar (14) yang berperan sebagai Louisa dan Arash Buana (12) sebagai Friedrich. Louisa dan Friedrick adalah anak keluarga Von Trapp. Sementara tokoh Maria von Trapp diperankan oleh Kerstin Anderson dan Captain Georg von Trapp diperankan oleh Ben Dais.

“Kami berusaha mengajak pemain lokal di setiap negara agar mereka bisa mendapat pengalaman ini juga,” terang David Ian saat diwawancara dalam sesi Media Day.

Andrew Lloyd dan David Ian dan The Really Usefull Group “The Sound of Music” akan dimainkan di Ciputra Artpreneur dari tanggal 6-18 Oktober 2015. Pengunjung dapat membeli satu dari lima varian tiket dari silver hingga VVIP. Untuk silver, tiket dibuka mulai dari Rp 800.000 sementara untuk VVIP dijual mulai dari Rp 2.5 juta. Tiket dapat dibeli di tempat maupun secara online. Sayangnya tiket kelas silver sudah habis terjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com