Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Pesona Lembah Anai dari Jarak Dekat

Kompas.com - 10/10/2015, 16:08 WIB
TANAH DATAR, KOMPAS.com - Berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar) belum lengkap jika tidak mampir ke air terjun Lembah Anai. Obyek wisata alam ini berada persis di tepi jalan raya Padang-Bukittinggi, tepatnya di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Air terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai.

Lokasinya yang mudah diakses membuat air terjun ini selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Sumbar. Aia Tajun setinggi 35 meter ini hampir selalu ramai setiap akhir pekan tiba.

"Air terjun ini adalah tujuan wisata pertama turis lokal dan asing yang ingin berlibur ke Bukittinggi. Pemandu wisatanya biasa mengajak mereka ke sini sesuai paket wisata yang mereka siapkan untuk wisatawan," ujar Priska, penjual cendera mata di sekitar Lembah Anai.

Keindahan alam Lembah Anai semakin lengkap dengan kehadiran monyet-monyet liar yang hidup di tebing sekitar lembah. Binatang primata itu selalu menampakkan diri ketika malam berganti siang.

Untuk masuk dan mendekat ke bawah air terjun Lembah Anai, pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000. Pintu masuk air terjun berada sekitar 200 meter dari tempat parkir.

"Alhamdulillah pendapatan saya lancar karena banyak pengunjung yang datang. Mereka selalu mampir untuk membeli oleh-oleh cendera mata khas Sumbar," kata Priska.

Juara.net/Tulus Muliawan Jalur rel kereta pengangkut batubara yang sudah tidak aktif menjadi spot alternatif untuk menikmati pesona air terjun Lembah Anai.
Kecantikan Lembah Anai juga bisa dilihat dari sudut pandang yang lain tanpa perlu membayar tiket masuk kawasan wisata. Spot menarik itu berada di seberang air terjun, tepatnya di atas perlintasan kereta api wisata yang sudah tidak aktif.

Kawasan wisata Lembah Anai ini sangat cocok untuk bersantai sejenak di tengah perjalanan panjang menuju Bukittinggi. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang berdiri kokoh di tepi jalan.

Namun, wisatawan tidak disarankan berkunjung saat hujan lebat mengguyur kawasan ini. Sebab, volume air terjun ini bisa meningkat drastis membanjiri jalanan sampai memutus akses Padang-Bukittinggi. (Juara.net/Tulus Muliawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Juara.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com