Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Kiat Pelesiran Hemat ke Eropa Saat "High Season"

Kompas.com - 12/10/2015, 16:19 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

KOMPAS.com - Biasanya, Anda disarankan tidak pergi ke Eropa saat high season ­atau musim padat kunjungan yang lazimnya terjadi di musim panas. Masalahnya, justru di saat itulah banyak orang ingin atau menjadwalkan perjalanan mereka. Libur sekolah dan cuaca yang hangat adalah faktor penggerak terbesar.

Tetapi, masih ada banyak cara hemat untuk berlibur ke Eropa. Berikut 10 tips hemat mengunjungi Eropa di high season.

Cari akomodasi alternatif

Peningkatan jumlah usaha penyewaan dan ragam akomodasi non-tradisional memungkinkan Anda menemukan tempat dengan harga yang cocok di luar hotel. Carilah tempat yang memberikan fasilitas dapur, Anda dapat membuat makanan Anda sendiri yang tentunya jauh lebih hemat dan membuat Anda berinteraksi dengan penduduk lokal. 

Tak ada yang lebih baik dari berbelanja langsung dari pasar atau belanja bahan makanan dari supermarket yang membuat Anda lebih dekat dengan budaya sekitar. Kemudian, perihal cucian, banyak tempat yang menyediakan fasilitas untuk mencuci. Ingat, hemat uang dan yang terpenting waktu.

Ajak teman

Berbagi penginapan dengan teman adalah cara lain untuk menekan biaya. Daripada mencari kamar, Anda dapat memsan sebuah rumah dengan pemandangan indah dengan sebuah kolam renang, dan hal-hal lain yang tak mungkin dapat Anda jangkau tanpa patungan.

Bagi keluarga yang memiliki anak, dapat saling bergilir menjaga anak. Lebih hemat daripada harus menyewa pengasuh bayi di negeri orang (itu pun jika Anda merasa nyaman menggunakan jasa mereka).

Hal lain yang dapat dilakukan dengan patungan ialah makanan dan sewa mobil. Terkadang semakin banyak orang memang semakin baik. Di sela perjalanan, beberapa orang mungkin ingin mencoba petualangan air, sementara yang lainnya ingin menjelajah museum dan menonton pertunjukan.

Setelah itu, semuanya kembali berkumpul dan berbagi pengalaman masing-masing. Percayalah, berbagi tempat dan waktu bersama beragam jenis orang saat liburan dapat memberikan keringanan bagi semua orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com