Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agen Pariwisata Berperan Jual Paket Wisata Kapal Pesiar

Kompas.com - 13/10/2015, 07:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agen pariwisata berperan penting dalam penjualan paket wisata kapal pesiar kepada wisatawan Indonesia. Peran tersebut berbentuk pemberian informasi dan kerja sama penjualan paket-paket wisata kapal pesiar.

"Kontribusi travel agent untuk jual paket sekitar 80-90 persen. Banyaknya ya ke Asia Tenggara seperti dari Singapura ke Kuala Lumpur, dan Thailand," kata Marketing Manager PT Multi Alam Bahari Internasional, Andi S. Indana kepada KompasTravel usai jumpa pers "Royal Carribean International" di Socieaty – Plaza Indonesia Extension, Jakarta, Senin (12/10/2015).
Port

Andi mengatakan pihaknya memfokuskan pada penjualan melalui agen pariwisata di Indonesia. Ia juga mengatakan bekerja sama dengan agen pariwisata di seluruh Indonesia. Pihaknya mengaku walaupun dapat menjual paket tapi Andi mengatakan lebih menggunakan penjualan lewat agen pariwisata.

"Kalau kita bersifat whole seller. Wisatawan yang ingin beli paket wisata, semua kita referensikan langsung ke agen pariwisata," jelasnya.

Untuk jumlah paket wisata yang terjual, Andi mengatakan tak tahu persis jumlah yang terjual. Namun untuk jumlah wisatawan Indonesia pergi berwisata sudah mencapai angka 3.000 orang. Jumlah tersebut, menurut Andi, termasuk wisatawan yang secara individu maupun berkelompok seperti dari perusahaan.

"Jumlah 3.000 orang, lebih banyak dari korporat," katanya.

Lewat agen pariwisata, Andi juga menggunakan kesempatan untuk memperkenalkan wisata kapal pesiar. Ia memberi contoh ketika penyelenggaraan Dwidayatour Carnaval 2015 yakni memberikan informasi umum tentang wisata kapal pesiar dan juga mengenalkan paket-paket wisata yang pihaknya miliki.

"Di sana (Dwidayatour Carnaval 2015) kita bisa jual 8 kabin atau setara 18 orang. Kita berharap tahun depan bisa meningkat," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com