Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rela Antre demi Foto di Keindahan Kalibiru

Kompas.com - 21/10/2015, 15:03 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com — Yogyakarta bukan hanya tentang Malioboro, Pantai Parangtritis, ataupun Candi Prambanan. Di kota yang kaya dengan nilai-nilai Jawa ini, ada tempat wisata yang juga menjadi primadona karena keindahan eksotisme alamnya. Ya, tempat tersebut bernama Wisata Alam Kalibiru.

Kalibiru merupakan kawasan hutan yang dikelola masyarakat sekitar dan dijadikan obyek wisata alam. Hutan wisata ini berada di perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Dari Kota Yogyakarta, Kalibiru berjarak sekitar 40 km dan dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 90 menit. Untuk akses menuju Kalibiru, pengunjung bisa melalui Jalan Wates, kemudian ikuti jalan yang menuju Waduk Sermo. Setelah melewati jalan-jalan tersebut, plang dan papan penunjuk jalan untuk menuju Kalibiru semakin mudah terlihat.

Fasilitas wisata

Di Wisata Alam Kalibiru, pengunjung bisa menikmati pondok wisata, joglo (ruang pertemuan), menara pandang di atas pohon, jalur trekking, dan lintasan flying fox. Saat ini, ada salah satu fasilitas yang tengah menjadi primadona, yakni menara pandang di atas pohon atau disebut juga dengan spot untuk berfoto, yang terdiri atas spot foto 1, spot foto 2, dan spot foto 3.

Dari tempat ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan perbukitan Menoreh yang hijau, panorama Waduk Sermo, serta indahnya Gunung Kukusan dan Gunung Ijo. Selain itu, harmonisasi antara hijaunya hutan dan hamparan berbukit yang luas, indah, dan memesona pun sangat mudah terlihat.

Terkadang, untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung harus mengantre agar mendapat giliran naik dan berfoto di atas pohon. Begitu pun saat KompasTravel berkunjung ke sini. Terlihat beberapa wisatawan tengah menunggu giliran untuk bisa menikmati fasilitas tersebut. Salah satunya Agustin Iriana, pegawai hotel di Yogyakarta.

"Ini untuk kesekian kalinya saya ke Kalibiru. Latar alam untuk berfoto di sini sangat indah dan bagus," kata Iriana saat ditemui KompasTravel di Kalibiru, Kamis (8/10/2015). 

"Selain itu, beberapa wisatawan asing yang merupakan tamu hotel pun sangat menyukai tempat ini," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com