Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Mencari Hotel Halal? Ini Ciri-cirinya...

Kompas.com - 22/10/2015, 18:12 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep hotel halal bukanlah berarti membatasi segmen tamu. Menurut Presiden Director PT. Sofyan Hotels Tbk, Zaki Jauhar, konsep hotel halal justru memperluas cakupan pengunjung.

"Halal hotel tidak membedakan pelayanan sama sekali ya," terang Zaki saat ditemui usai Jumpa Pers "Indonesia Sabet 3 Penghargaan di World Halal Travel Summit 2015", di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Menurut Zaki ada dua jenis pelayanan hotel halal yaitu hilal 1 dan hilal 2. Hilal 2 sifatnya lebih tinggi atau lebih kuat dari hilal satu.

"Ibaratnya hilal satu itu semi halal, sementara hilal dua itu sampai daging juga tidak disediakan," terang Zaki.

Zaki menjelaskan bersama kedua hilal tadi, ada tiga syarat yang harus dimiliki hotel halal, Pertama, menyediakan makanan halal. Untuk hilal 1, makanan halal dibatasi sebatas tidak menyajikan makanan haram semata. Sementara untuk hilal 2, daging bisa turut tidak disajikan sebagai hidangan.

Kedua, memberikan sarana beribadah. Hal yang paling sederhana adalah soal wudhu. Pada hilal 1, setiap toilet harus memiliki shower untuk wudhu, tak hanya sebatas tisu toilet saja. Lalu setiap kamar harus memiliki petunjuk shalat dan pihak hotel harus memiliki sistem pengingat shalat. Sementara untuk hilal 2, setiap syarat di hilal satu wajib ada ditambah dengan sarana alat shalat di setiap kamar.

"Kalau hilal 1 perlengkapan shalat itu pilihan, kalau hilal dua itu wajib," terangnya.

Salah satu hotel dari jaringan PT. SofyanHotels Tbk yaitu Sofyan Hotel Betawi, Jakarta sendiri berhasil memenangkan World's Best Family Friendly Hotel di World Halal Travel Summit 2015, Abu Dhabi.

Sofyan Hotel yang berdiri sejak 1970-an ini mengalahkan dua lawannya Gloria Hotel, Dubai dan Landmark Hotel, Dubai. Sofyan Hotel Betawi berlokasi di Menteng, Jakarta. Hotel ini telah memperoleh sertifikat sebagai Lembaga Bisnis Syariah dari MUI tahun 2003.

"Tahun berikutnya semoga kami bisa mempertahankan gelar ini," tutup Zaki.

World Halal Travel Summit 2015 and Expo 2015 merupakan pertemuan business to business (B2B) terbesar antar spesialis wisata halal di dunia. Acara terdiri dari pameran, seminar, dan malam penghargaan. Sistem perlombaan penghargaan sendiri menggunakan sistem voting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com