Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Karamel dan Green Tea Bersatu

Kompas.com - 22/10/2015, 20:11 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

KOMPAS.com - Apa jadinya jika karamel dan teh hijau (green tea) bersatu dalam sebuah hidangan penutup? Ini yang terjadi pada Matcha Creme Brulee, satu dari dua puluh menu baru yang akan diluncurkan Ippudo Indonesia pada November mendatang. Restoran ini berlokasi di Pacific Place 2, Jakarta.

Custard rasa moka dilapisi karamel keras dengan taburan es krim teh hijau dan irisan buah stroberi. Semua disajikan dalam tempat berlapis alumunium foil layaknya penyajian klappertart. Jika dicoba satu demi satu, jangan kaget jika kepala agak berdenyut karena sangat manis. Perlu usaha mengunyah karena tekstur karamel yang keras.

Maka menikmati hidangan ini perlu menyatukan custard, karamel, dan es krim teh hijau dalam satu suap. Es krim teh hijau meski sama manis namun bisa menetralkan kuatnya manis karamel. Tekstur custard sangat lembut dan memberi sensasi dingin di dinding mulut. Kehadiran karamel yang dikeraskan memberi kesan renyah di mulut.

Suapan kedua, coba tambahkan stroberi. Kehadiranya bukan sekadar penghias tetapi juga penyeimbang rasa. Saat dimakan sekaligus, stroberi memberi rasa asam berpadu dengan manisnya karamel dan sedikit aroma sepat teh hijau, rasa yang cukup kaya dalam satu suap.

"Sebagian besar bahan yang kami gunakan dari Indonesia, sekitar delapan puluh persen," ujar Operational Consultant PT. Ippudo Catering Indonesia Ben Sung saat berbicara dengan KompasTravel dalam acara "Special Preview of Ipuddo New Grand Menu" di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Ippudo adalah rumah makan yang menjual hidangan khas Jepang dengan menu andalan ramen. Pada tanggal 2 November mendatang, Ippudo akan meluncurkan dua puluh menu barunya, termasuk Matcha Creme Brulee dan tiga ramen ayam baru Chicken Miso Ramen, Tokyo Shoyu Chicken Ramen, dan Spicy Chicken Ramen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com