Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Wadah "Traveler" Saling Berbagi

Kompas.com - 25/10/2015, 18:02 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika suka pelesiran dan mengabadikannya dalam berbagai produk seperti foto, video, atau tulisan, coba bergabung dengan Indonesia Diversity. Diluncurkan hari Minggu (25/10/2015) di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Indonesia Diversity merupakan komunitas berbasis web yang menerima wisatawan dari manapun untuk berbagi seputar wisata Indonesia.

"Tujuan kita ingin membangun komunitas travel Indonesia," terang Pembina Komunitas Indonesia Diversity, Bambang Bodhianto.

Sejauh ini Indonesia Diversity hadir dalam bentuk situs indonesia-diversity.id. Pengunjung dapat mendaftar dan membagikan karya dan kisahnya dalam situs. Selain itu, pengunjung situs juga dapat mencoba berbagai fitur seperti "plan your trip" yang berisi ragam rencana perjalanan dari anggota komunitas, atau "how to get there" berisi cara atau akses ke lokasi tertentu.

Ada delapan wilayah Indonesia yang dapat dieksplorasi di situs, di antaranya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Papua. Selain itu pengunjung situs juga dapat memilih ragam wisata yang ingin dieksplorasi seperti budaya, kuliner, kesenian, aktivitas luar ruangan, atau wisata alam.

Indonesia Diversity adalah program corporate social responsibility (CSR) yang diadakan Toyota Astra Finance. Sebelum peluncuran, sudah dikirim beberapa tim ke 17 destinasi di Indonesia untuk mengisi konten awal situs indonesia-diversity.id. Dalam acara launching Indonesia Diversity juga diadakan pameran foto dari 10 destinasi awal, yakni Sumatera Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara-Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, NTB, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Ke depan Indonesia Diversity rencananya akan dikembangkan ke dalam bentuk apps. "Kita sedang kembangkan apps, mungkin beberapa bulan ke depan akan kita launch," terang Project Leader Indonesia Diversity, Abidin Riyadi Abie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com