Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Kuliner Korea "Tteokbokki"

Kompas.com - 27/10/2015, 11:33 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu kuliner asal Korea, yakni tteokbokki, dapat ditemui dengan mudah di setiap sudut Korea (Korea Selatan). Pasalnya, kuliner tersebut merupakan jajanan kaki lima yang dapat dinikmati di pinggir jalan.

Berikut fakta-fakta lain tentang makanan yang terasa kenyal ini.

"Tteokbokki disebut makanan jalanan. Sering bisa ditemui di pinggir jalan," kata Operational Manager Samwon Group, Alvin, kepada KompasTravel, saat ditemui di sela-sela acara Jakarta Foodies Meet, di Puri Orchard, Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Ketika berkunjung ke Korea, Alvin mengamati kuliner tteokbokki di sepanjang jalan Kota Seoul. Ia mengatakan, tteokbokki biasa disantap oleh para pekerja Korea sepulang kerja.

"Bahkan di tempat rest area tol juga ada," katanya.

Kuliner tteokbokki ini biasanya hadir pada sore dan malam hari di warung-warung pinggir jalan. Alvin menambahkan bahwa kuliner ini dinikmati oleh segala kalangan masyarakat Korea.

Untuk bahan pembuatan tteokbokki, makanan ini dibuat dari tepung kue beras. Makanan ini berisi timun, daun bawang, wortel, serta cabe merah juga hijau.

Perwakilan Korea Tourism Organization, Irma Maulida, juga membenarkan jika tteokbokki adalah makanan yang dapat ditemukan di setiap sudut Korea.

Ia juga mengatakan bahwa tteokbokki adalah jenis kuliner yang terbuat dari tepung kue beras yang menggunakan saus.

"(Tteokbokki) sangat gampang buat ditemui, di kota besar ataupun di kota kecil," kata Irma dalam pesan Whatsapp saat dihubungi KompasTravel, Minggu (25/10/2015).

Lulus dari Program Sarjana Bahasa dan Kebudayaan Korea Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Irma juga mengatakan, jenis makanan tteokbokki adalah menu makanan ringan yang dijual di gerobak-gerobak.

"Ini makanan rakyat Korea. Kalau mau makan, ya tinggal makan," tutup Irma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com