Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan Turunkan Tingkat Okupansi Hotel

Kompas.com - 29/10/2015, 13:28 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran hutan di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan menurunkan tingkat okupansi hotel. Penurunan okupansi hotel akibat tersebut dirasakan cukup drastis.

"Akibat asap, penurunan okupansi cukup drastis. Daerah Pontianak, hotel kita (mengalami) penurunan di bulan September kurang lebih 20 persen dibanding tahun lalu," kata Regional Marketing & Communication Manager Archipelago International, Nita Junita Ekaniana saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Untuk daerah Palembang, okupansi hotel hanya berkisar di angka 10 persen dan daerah Jambi di angka 30 persen dari total jumlah kamar. Nita mengatakan rata-rata jumlah kamar yakni 150-200 kamar.

"Itu untuk (jumlah kamar) Aston bintang empat. Yang menginap sekarang, kebanyakan pengunjung dari pemerintahan setempat dan perusahaan," katanya.

Untuk kerugian akibat penurunan okupansi, Nita belum dapat menyebutkan jumlah pasti yang dirasakan pihak Archipelago International. "Untuk total kerugiannya, aku gak pegang data-datanya," ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Asnawi Bahar secara terpisah menyebutkan tingkat keterisian kamar hotel juga ikut terdampak akibat kebakaran hutan.

Di Palembang, menurut Asnawi, jumlah kamar yang terisi hanya berkisar 20-30 persen. Sementara di Kalimantan, kondisi penurunan tingkat keterisian kamar juga terjadi.

"Hampir sama (di Kalimantan). Hotel di Kalimantan Selatan, pengunjung hanya masyarakat setempat. Kalau dari luar yang datang hanya pekerja tambang," tambah Asnawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com