Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Wisatawan Melancong ke Sanghyang Tikoro

Kompas.com - 03/11/2015, 08:26 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ramai diperbincangkan di media sosial seperti Instagram, blog, dan Line menjadi alasan para wisatawan datang ke obyek wisata Sanghyang Tikoro, Desa Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Ketika mengetahui informasi obyek wisata Sanghyang Tikoro, para wisatawan langsung mencoba mengunjungi untuk pertama kalinya.

"Saya tahu dari media sosial Instagram. Pertama kali datang ke sini (Sanghyang Tikoro)," kata salah satu wisatawan asal Cimahi, Fibda Pindra (25) kepada KompasTravel saat ditemui di dekat PLTA Saguling pekan lalu.

Datang bersama seorang teman dengan mengendarai motor, Fibda merasa penasaran untuk mengunjungi Sanghyang Tikoro setelah melihat di Instagram.

Ia juga mengaku mengetahui informasi tentang Sanghyang Tikoro di sebuah blog ketika sedang browsing di internet.

"Iya saya juga lihat di blog. Di blog ada foto-foto sungainya. Rencana tadinya mau ke sini dengan teman yang sudah tahu (Sanghyang Tikoro)," jelasnya.

Wisatawan lain yang datang dari Kota Bandung, Rizka May Chatayani (17) mengatakan alasan serupa dengan Fibda.

Rizka mengetahui obyek wisata Sanghyang Tikoro juga dari media sosial seperti Instagram dan Line.

"Tahu Sanghyang Tikoro mah dari media sosial misalnya Instagram sama Line. Lihat temen-temen posting foto-foto Sanghyang Tikoro. Ada juga Instagram, @explorebandung," ujar Rizka.

Ia melihat foto-foto yang diunggah oleh akun @explorebandung dan lalu mencoba mencari tahu lokasi obyek wisata Sanghyang Tikoro.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para wisatawan sedang duduk di bebatuan yang menghampar di sekitar obyek wisata Sanghyang Heleut, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (22/10/2015). Obyek wisata Sanghyang Heleut termasuk ke dalam wilayah Sanghyang Tikoro.
Foto-foto Sanghyang Tikoro membuat Rizka dan puluhan temannya datang untuk pertama kali ke sana.

Dari pantauan KompasTravel di Instagram, Minggu (1/11/2015) terdapat 416 foto yang diunggah menggunakan tagar #SanghyangTikoro.

Para instagramer -- sebutan pengguna Instagram -- mengunggah foto-foto berendam di aliran sungai, bebatuan, dan juga saat trekking di pinggir sungai ketika sedang berwisata di Sanghyang Tikoro.

"Terima kasih ya Allah telah menyuguhkan indahnya alam buatan-Mu ini," tulis pada keterangan foto yang diunggah oleh akun @venafebrina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com