Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Berlibur dengan "Stacaravan" di Belanda

Kompas.com - 05/11/2015, 11:14 WIB
BERLIBUR bersama keluarga sangat mengasyikkan. Pilihan berlibur harus disesuaikan dengan kondisi keuangan, kenyamanan dan kesukaan anak-anak.

Berlibur ke Family Park atau juga ke pantai pasti sudah sering dan menimbulkan kebosanan. Ada sebuah alternatif berlibur murah meriah yang sering dilakukan di Eropa yaitu camping.

Camping bisa dilakukan di tempat terbuka dengan tenda, caravan atau mobile home dan stacaravan, yaitu sejenis caravan yang kondisinya  tetap, tidak berpindah-pindah.

Dengan camping di tempat terbuka menjadikan anak-anak kita lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

MADE AGUS WARDANA Ruang tamu dalam Stacaravan di Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.
Ruang terbuka yang asri ditemani suara alam, binatang ataupun gemericik air menghanyutkan suasana bathin menjadi nyaman.

Setidaknya memberi taste baru terhadap jiwa kita, menghipnotis pikiran yang sebelumnya hiruk pikuk kusut di kepala.

Pikiran yang bersih akan membuat energi baru dan bathin menjadi lebih berarti. Itulah salah satu tujuan kita berlibur di tempat camping ini.

Pada liburan musim panas lalu, tepatnya di awal bulan Juli 2015, saya bersama keluarga dengan 3 anak camping di Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.

MADE AGUS WARDANA Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.
Zonnenland ditumbuhi pepohonan tinggi, nyaman, sunyi senyap, jauh dari keramaian. Menuju kawasan ini, kita akan melalui lahan-lahan pertanian gandum dan jagung yang terbentang luas berjejer rapi.

Dari kota Brussel Belgia, mengendarai mobil pribadi ditempuh hanya dengan waktu 1,5 jam. Jika menggunakan kereta api disarankan berhenti di stasiun Roosendaal, Belanda.

Dari Stasiun Roosendal dilanjutkan dengan menyewa taksi yang berdurasi hanya 12 menit menuju zonneland yang beralamat di Turfvaartsestraat 6, 4709 NB Nispen, Belanda.

Pemilik camping ini adalah keluarga Koopmanschap warga Belanda pecinta Indonesia. Menurut Koopmanschap camping ini didirikan tahun 1931.

Pengalaman mengatur manajemen tempat wisata ini dilakukan turun temurun dari generasi ke generasi. Salah satu pegawainya disini adalah warga Indonesia yaitu Ni Kade Indriyani sekaligus menantu Mr. Koopmanschap.

MADE AGUS WARDANA Ni Kade Indriyani dan Mike Koopmanschap, pemilik camping di Zonnenland, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.
Nuansa ramah dan hangatnya penyambutan Ni Kade Indriyani kepada para para tamu, membuat pelayanan di camping ini sangat profesional.

"Tamu akan betah dan senang tinggal di sini karena pelayanan kami yang hangat dan mengedepankan kekeluargaan," ujar Ni Kade Indrayani dengan penuh semangat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com